Melawan [Hoax] Fitnah

Sebagai seorang yang cenderung introvert, apatis, sinis dan agak sarkastis, gue termasuk salah seorang yang bersikap “masa bodoh” terhadap apa-apa yang terjadi di dunia maya. Sekalipun gue bekerja di salah satu industri digital, tapi hal itu ga berarti membuat gue melek dengan dunia digital. Kecuali Digital Monster a.k.a Digimon yang jadi idola para anak lelaki…

Siswa Titipan

  Bulan Agustus seharusnya menjadi bulan yang penuh dengan semangat perjuangan. Di bulan ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Di bulan ini, bendera merah putih yang biasanya hanya disimpan di dalam lemari, dapat dilihat berkibar dimana-mana. Orang tua, remaja, sampai anak-anak, semua berkumpul merayakan kemerdekaan. Tapi entah mengapa selalu saja ada pihak-pihak berotak udang…

Cerpen Ramadhan – Hari 26 – Ada Yang Salah

Ada yang salah dengan bangsa ini. Ketika peneliti yang sedang mencoba menciptakan mobil sendiri, untuk mengharumkan nama negeri, penelitiannya gagal malah dibui. Sementara mereka yang wira-wiri di layar kaca, untuk merusak moral anak bangsa, malah dipuja dimana-mana. Ada yang salah dengan bangsa ini. Ketika keteladanan datang dari rakyat jelata, yang gajinya tidak seberapa, namun ketika…

CerpenRamadhan – Hari 14 – Fak Fak

  “Orang bilang tanah kita tanah surga… Tongkat kayu dan batu jadi tanaman…”   Kata Koes Plus di dalam lagunya, “Kolam Susu”, tanah kita ini tanah surga. Dan kali ini aku akan bercerita bahwa tanah kita memang tanah surga. Yaitu salah satu surga tersembunyi di pesisir Timur bumi Indonesia: Fak Fak, Papua.  

CerpenRamadhan – Hari 12 – Pengajar Muda

  Izinkan aku memperkenalkan mereka: Laeli, Sun, Dhani, Tiwi, Buchori, Citra, Dede dan Putri.   Siapa mereka? Ah, aku rasa kamu tak perlu tau. Atau mungkin tak ingin tau. Atau memang tak mau tau?   Jauh dari gemerlap keramaian ibukota dengan segala kemewahannya, apalagi media sosial dan segala hiruk pikuknya, mereka mengabdikan diri untuk kemajuan…

DasepAhmadi

Sejak kelahiran si buah hati, ditambah sejak bekerja di perusahaan e-commerce yang menerapkan sistem flexible working hours, sekarang setiap pagi gue selalu punya waktu untuk main-main dulu sama si bocil, juga waktu untuk baca koran. Pagi ini gue lagi asik mangku bocil sambil nyuapin biskuit ke mulutnya dia, sembari membaca koran Tempo di meja makan….

30HariBercerita – Hari 30 – Berbagi

Hari ini adalah hari terakhir 30 hari bercerita. Apa yang akan aku lakukan selanjutnya setelah semua ini berakhir? Sejujurnya aku bukan termasuk orang yang gemar bercerita. Aku tidak suka bercerita. Aku hanya gemar berbagi, itu saja. Karena ini adalah 30 hari bercerita, maka yang aku bagikan selama 30 hari ini adalah sekumpulan cerita. Berbagi cerita.

30HariBercerita – Hari 19 – Banggai

Budi bermimpi, ia dan ibunya pergi ke Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah. Budi mendarat di bandara Syukuran Aminuddin Amir, dan setelah bertemu dengan penduduk lokal bernama Dii dan Rama, mereka segera mencicipi aroma pantai di kilo 5. Berikutnya mereka melanjutkan perjalanan ke Salodik. Air terjun dan mata air alami mereka nikmati kesegarannya. Selanjutnya mereka bergegas menuju…

30HariBercerita – Hari 10 – Pejuang Pendidikan

Izinkan aku memperkenalkan mereka. Dari kiri ke kanan, mereka adalah Hanif, Loui, Roisa, Steva, Uca dan Andik. Siapa mereka? Sebelum aku menjawabnya, akan aku ceritakan sekilas mengenai apa yang telah mereka lakukan.

Banci#2

Indonesia lagi rame dengan isu berikut ini: Pemilihan Kepala Daerah a.k.a Pilkada kini ga akan lagi dipilih langsung oleh rakyat, melainkan akan dipilih via Dewan Perwakilan Rakyat Daerah a.k.a DPRD, kembali seperti jaman dulu lagi. Keputusan ini baru saja disahkan oleh para dewan -yang katanya “terhormat”- dalam sidang di Senayan sana. Disini gue ga akan…

SeminarMakroEkonomi

Gue baru aja mengikuti seminar makro ekonomi yang diadakan oleh perusahaan tempat gue bekerja. Seminar ini memberikan gambaran mengenai prediksi kondisi perekonomian Indonesia di tahun 2015, sebagai landasan bagi perusahaan dalam merumuskan strateginya. Hasil dari ikut seminar makro ekonomi ini, selain menambah wawasan terhadap kondisi perekonomian ternyata juga membuat gue jadi geregetan, kaya lagunya Sherina….

Pengemis

  Akhir-akhir ini di berbagai media, khususnya sosial media, banyak yang ngebahas tentang penghasilan pengemis. Mulai dari penghasilan per hari nya yang kemudian kalo diakumulasi per bulan ternyata jumlahnya bisa ngelebihin gaji kita-kita yang kerja di perusahaan dengan persyaratan minimal sarjana. Lalu dari situ muncul imbauan supaya jangan ngasih uang ke pengemis, karena sesungguhnya mereka…

Ketergantungan?

Di Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-68 yang lalu, iseng-iseng gue nulis status kaya gini di Facebook gue: “For they who ask ‘apa kita sudah merdeka?’, go f*ck yourself. Sesungguhnya merekalah yg masih terjajah, terjajah oleh hawa nafsu sendiri.” Kemudian status tersebut mendapatkan beberapa komentar sebagaimana berikut ini:     Miss A: “No ,no…

Banci

    Ah, sobat… Sepertinya kita hidup di negara banci. Banci, ya, banci. Sekali lagi: banci!   Berawal dari salah seorang bendahara partai yang diduga melakukan korupsi. Kemudian dia segera kabur dan melarikan diri ke luar negeri. Banci. Memilih kabur ke luar negeri.   Di luar negeri, lisannya berkoar-koar. Berkata bahwa dalam proyek tender A,…

AFF

    Rabu 29 Desember 2010, tanggal itu mungkin akan diingat oleh sebagian besar mastarakat Indonesia. Karena pada malam harinya, kesebelasan tim nasional Indonesia gagal menjuarai piala AFF yang berhasil direbut Malaysia, sekalipun malam itu timnas Indonesia menang dengan skor 2-1 melalui gol M. Nasuha dan M. Ridwan. Skor tersebut secara agregat masih belum cukup…

AntriTiket

    Pada hari Kamis 23 Desember 2010 yang lalu, terkait dengan final Piala AFF 2010, panitia lokal menjual tiket kategori 1 seharga 200 ribu rupiah di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Itu adalah hari pertama panitia penjualan, dimana 1 hari diperuntukkan untuk menjual 1 kategori tiket.   Sebagaimana yang kita ketahui kemudian dari media,…

IIMS

Minggu-minggu ini, tanggal 23 Juli sampe 1 Agustus di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, dilangsungkan sebuah ekshibisi yang bernama Indonesia International Motor Show, selanjutnya kita sebut IIMS. IIMS adalah acara rutin tahunan yang memamerkan mobil-mobil dari berbagai produsen mobil dunia, sebut saja Toshiba, Nokia, Samsung, Panasonic, HSBC, atau AIG. Eh kok kayanya ada yang salah ya? Sebenernya…

InfrequentlyAskedQuestion

Senin 7 Juni yang lalu IIS mengadakan seminar dengan judul “Politik Nuklir Indonesia” bertempat di Fisipol UGM. Pembicaranya adalah Sulfikar Amir, seorang Ph.D dari Nanyang Technological University, Singapura. Sepanjang seminar yang lebih tepatnya disebut kuliah umum ini, beliau memaparkan tentang beberapa perbedaan karakter antara teknologi dan politik serta kaitan teknologi dan politik, disebutnya “politik teknologi”….

NggakCerdas

Tahun 2010-2011 ini adalah tahun-tahunnya pilkada. Lebih dari 200 pilkada tingkat kabupaten dan propinsi akan segera digelar di seluruh penjuru nusantara. Di setiap daerah, spanduk dan baliho kampanye sudah beredar dimana-mana, saling menjajakan diri bahwa kecapnya adalah kecap nomor satu. Berbagai cara dan metode dalam berkampanye pun telah dilakukan. Salah satunya adalah sms berantai seperti…

SecuilSMS #4

9 Mei 2010 “Assalamualaikum, Mas saya mau tanya, usaha apa yang Mas lakukan hingga wawasan dan  kepemimpinan Mas luar biasa, terlebih-lebih eks Menko Eksternal. Kalo Mas M****h kan udah jelas  di bina di asrama, nah kalo Mas gimana, saya butuh motivasi nih.” “Wasw wr wb. Ouw…  Ya nggak sampe segitunya juga kok. Sebagian besar  Insya…