Celengan Haura

Siti Maemunah. Itu adalah nama seorang perempuan perkasa yang tinggal di salah satu sudut gang di kota Depok, tidak jauh dari Jalan Margonda Raya. Ibu Maemunah sebagai orang tua tunggal memiliki 5 orang anak, dan anak bungsunya mungkin sudah cukup dikenal oleh beberapa khalayak.   Rumman Haura Nabila. Itu nama anak bungsunya. Apa dan mengapa…

Berbagi Peran

Meskipun secara ga langsung, ada sekelompok kecil orang yang merasa “takjub” dengan keseharian gue. Seorang suami sekaligus ayah dari dua anak perempuan, tapi mampu membagi waktu dengan dunia kerja, juga termasuk aktivitas pribadi semacam menulis blog, bermusik, atau sekedar menyalurkan hobi fotografi dan berbagi inspirasi. Ada beberapa yang menyatakan secara langsung, ada beberapa yang menyiratkan…

Setelah Kematian Begitu Dekat

Rabu, 11 Januari 2017 di Stasiun Gambir, waktu menunjukkan pukul 7 malam. Gue dan keluarga gue, termasuk orang tua gue dan keluarga kakak gue udah duduk manis di dalem kereta Sembrani yang akan membawa kita ke pedalaman Jawa Timur.   Ini pertama kalinya anak gue yang kedua, si Laras, jalan-jalan pake kereta. Kalo anak yang…

Ketika Kematian Begitu Dekat

Senin, 9 Januari 2017 di Bandara Internasional Minangkabau, waktu menunjukkan pukul 7 malam. Gue melangkahkan kaki menuju pesawat yang akan membawa gue ke Jakarta. Duduk di tempat favorit gue yaitu di deket pintu darurat (soalnya kakinya lega), karena ga bisa tidur akhirnya gue menghabiskan +- 2 jam perjalanan di atas pesawat untuk baca buku karangan…

Surprise

Tulisan ini sebenernya lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul “Kurang Sedekah”. Setelah tau bahwa sedekah bisa menolak bala (dan menebarkan rasa cinta), mungkin lu jadi pada tertarik untuk mulai bersedekah. Pertanyaannya, bersedekah macem gimana?   Pada dasarnya, sedekah itu mudah. Memberi uang ke pengamen itu bagian dari sedekah. Ngasih senyum ke kerabat itu juga sedekah….

Kurang Sedekah

  Mungkin ada di antara lu yang merasa atau pernah mengalami kejadian kaya gini: ga ada angin, ga ada ujan, tiba-tiba kena musibah yang mengharuskan untuk mengeluarkan “biaya ekstra”. Bentuknya bisa macem-macem: bisa karena kena penyakit terus harus ke dokter atau beli obat, bisa kehilangan sesuatu (KTP, SIM, dompet dll), bisa karena ada sesuatu yang…

30HariBercerita – Hari 18 – Orang Tua

Mungkin dulu kamu pernah merasa, kenapa orangtuamu seringkali melarangmu melakukan sesuatu. Tidak boleh ini, tidak boleh itu. Jangan ini, jangan itu. Dan lain sebagainya. Hingga terkadang kamu merasa kesal kepada mereka karenanya. Mungkin kamu sudah tahu bahwa itu adalah perwujudan kasih sayang. Mungkin kamu sudah tahu bahwa seorang anak tidak boleh durhaka kepada orangtuanya. Tapi…

30HariBercerita – Hari 16 – Jalan Mana

“Kamu mau ambil jalan yang mana?” Di dalam hidup ini pasti kamu menemui banyak persimpangan, yang akan mengantarkanmu kepada suatu jalan. Jalan manapun yang akan kamu lalui, itu adalah sebuah pilihan. Tapi sebelum kamu memutuskan jalan mana yang akan kamu ambil, sebaiknya kamu harus punya sebuah pegangan. Sebuah panduan. Untuk menjadi pedomanmu mana jalan yang…

30HariBercerita – Hari 14 – Gagal Paham

Aku masih tidak bisa mengerti, mengapa masih saja ada orang-orang yang gemar merusak dan berbuat dzalim di muka bumi. Apa yang ada di balik pikiran orang-orang bodoh ini? Setiap dari kita punya peran di dalam dirinya. Yang paling sederhana misalnya, ada yang berperan menjadi anak, adik, kakak, ibu, bapak, kakek, nenek atau lain sebagainya di…

30HariBercerita – Hari 6 – Tuhan

“Ntar dulu ah sholatnya, masih banyak kerjaan nih!” “Sholatnya ntar aja deh pas udah sampe di rumah!” Aku sering mendengar kalimat seperti itu terucap dari mulut seseorang. Bahkan aku sendiri pun tidak memungkiri bahwa aku juga terkadang berpikir akan hal tersebut. Sebuah pikiran yang, sejujurnya aku sadari, adalah sebuah kesalahan besar.

Uangku Adalah Uangmu, Uangmu Ya Uangmu

Beberapa waktu lalu bini gue minta izin ke gue untuk menggunakan uangnya yang dia peroleh dari hasil nari di suatu acara untuk dia gunakan atas suatu keperluan. Biarpun ga kerja, bini gue emang punya usaha sendiri yaitu ngajar nari tradisional ataupun perform nari di acara-acara semacem seminar atau event-event budaya gitu. Tanpa perlu panjang lebar,…

Tips Dan Trik Khatam Quran Di Bulan Ramadhan

Ramadhan telah tiba. Bukan, bukan si Aryanti Ramadhani istrinya Fariz, apalagi Nia Ramadhani yang artis itu, tapi bulan suci Ramadhan, bulan dimana lu-lu yang komitmen bersyahadat punya kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Ya, ketika Ramadhan, ibadah yang paling utama adalah puasa karena termasuk ke dalam salah satu rukun iman. Eh, maksudnya rukun Islam. Eh rukun…

SecuilWawancara

Seberapa siap Anda menghadapi karir dan masa depan? Mau nggak mau, kita harus selalu bergerak dari suatu keadaan ke keadaan lainnya. Dan ini nggak bisa dihindari karena itu adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Dulu kita pernah bergerak dari SD ke SMP, SMP ke SMA, hingga hari ini kita berada di bangku…

Hmmmmpppppphhhh

Bismillahirrahmanirrahim Aku baru saja membaca sebuah blog yang beralamat di http://www.beritamuslim.wordpress.com . Sebelom baca tulisan ini, sebaiknya silahkan baca dulu blog tersebut. Lagi lagi dan lagi. Selalu saja ada pihak yang tidak senang dan mendiskreditkan umat Islam. Dunia ini memang sangat luas. 6 milyar lebih manusia tinggal di dalamnya. Lintas benua, lintas geografis, lintas budaya…

SecuilSMS #2

  “Ada yang bisa jawab nggak? Kenapa ada bayi yang dilahirkan di keluarga yang kaya dan miskin, padahal kan mereka itu masih sama-sama nggak berdosa, apa itu takdir?”   “1. Karena kehidupan itu nggak cuma di dunia, tapi juga di akhirat. Di dunia ini ada yang kaya, miskin, cantik, jelek, dll. Dan diantara itu semua,…

DariSeorangSahabat

Alkisah di dalam kehidupan seekor anak kambing yang bernama C-Kink, tersebutlah seorang anak manusia berjenis kelamin laki-laki yang bernama, kita sebut saja “Mawar”, bukan nama sebenarnya. Mawar ini adalah seorang ustad plus takmir masjid yang punya kerjaan sampingan sebagai mahasiswa (nggak kebalik yah?). Beliau sangat senang menuntut ilmu dan berdakwah, sama senangnya dengan Chelsea Olivia…

KataMutiara

Selasa, 1 September 2009. Di tengah-tengah kuliah Penerapan Radiasi di Industri, dosen ku yang cool dan kalem yang bernama Ir. Anung Muharini MT. mengeluarkan sebuah kalimat bijak: “Tidak ada kegagalan di dalam melakukan penelitian. Satu-satunya kegagalan adalah ketika kita memutuskan untuk mundur dari penelitian tersebut” Luar biasa…!!! Bener-bener engineer sejati! I love you full dah…

SambutanNggakJadi

Tanggal 9 Mei 2009 yang lalu sedianya gue diminta Rindi buat ngasih sambutan di acara Sekolah Madya BEM KMFT UGM. Acara ini merupakan salah satu training buat anak2 BEM khususnya yang angkatan 2008 dalam rangka persiapan menghadapi adek2 angkatan 2009 yang bakalan segera brojol. Aslinya sih sambutan2 kayak gini kan jatahnya si Miftah selaku Ketua…

KajianValentine

Kajian Valentine, 11 Februari 2009 Pembicara: Demi kemaslahatan umat, nama kita rahasiakan Tempat: Sekretariat BEM KM FT UGM Waktu: Pukul 16.00 – 17.00 Asal mula valentine muncul adalah terlampau sederhana. Ada semacam keresahan sosial di kalangan Katolik Roma dalam perayaan hari Natal. Ketika perayaan hari besar setiap tahunnya hanyalah berupa hari raya Natal, Katolik Roma…

OneManOneDollar

Auwououououououwoooo…!!! Terkait dengan agresi Israel Laknatullah kepada Palestina kemaren, masyarakat Indonesia yang bersimpati dan concern terhadap masalah ini mencoba memberikan sumbangsih dan bantuannya dalam bentuk program-program pengumpulan sumbangan. Salah satu diantara program pengumpulan sumbangan ini ada yang bernama “One Man One Dollar”, bacanya: “Wan Men Wan Dolar”. Tulisan ini hanya bermaksud untuk sedikit mengkritisi mengenai…