Cerpen Ramadhan – Hari 27 – Di Ujung Trotoar #4

cr27

Ini sudah ke-5 kalinya aku menelpon Yusuf malam ini, tapi tidak sekalipun ia mengangkatnya. Aku memang akan segera menikah, tapi entah mengapa dalam kondisi panik seperti ini, justru Yusuf lah orang yang ingin aku hubungi, bukan calon suamiku sendiri.

Malam ini aku mendapat amanah sebagai dokter jaga. Dan kamu tahu, sebagai dokter jaga, kamu harus selalu siap sedia dengan apapun yang terjadi. Termasuk apa yang baru saja aku alami malam ini.

Sepasang lelaki dan perempuan datang tergopoh-gopoh menuju Unit Gawat Darurat. Mereka bilang bahwa mobil mereka baru saja menabrak seorang lelaki, dan saat ini ia sedang tergeletak di jok belakang mobil. Segera kita siapkan ranjang pasien untuk membopong lelaki itu dari mobil.

Aku hampir tidak dapat mempercayai apa yang aku lihat. Lelaki itu, memang sepertinya sejak lahir hanya memiliki kaki satu. Tapi kaki yang satunya lagi, hancur tak berbentuk. Darah berceceran dimana-mana. Badannya, uh aku tak bisa menceritakannya. Nafasnya tersengal-sengal. Entah apa yang dia rasakan saat ini.

Selaku dokter jaga, aku tidak bisa mengambil keputusan untuk hal seperti ini. Dokter bedah akan segera datang untuk memberikan tindakan. Ini memang bukan kali pertama aku menjadi dokter jaga, tapi ini adalah kali pertama aku melihat korban kecelakaan separah ini.

Sembari menunggu dokter bedah, aku mencoba menenangkan diri dengan berdiam diri ke toilet. Entah mengapa, ingin rasanya aku menelpon Yusuf. Aku tidak tahu mengapa, aku hanya sekedar ingin bercerita saja.

Sampai tiba-tiba pintu toilet digedor dari luar.

“Dokter Sari, pasien korban kecelakaan barusan sudah berhenti bernafas!”

 

Depok, 2 Juli 2016, 21:05

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s