CerpenRamadhan – Hari 20 – Parenting

cr20

 

Aku baru saja pulang dari acara Seminar Parenting yang diadakan oleh salah satu lembaga yang kesehariannya bergerak di ranah kepemimpinan. Sebagai seorang ayah dengan bayi berusia 17 bulan, ditambah istri yang sedang mengandung 38 minggu, aku rasa tidak pernah ada kata terlambat bagiku untuk menyempatkan diri hadir di dalam majelis ilmu.

 

Banyak hal yang disampaikan disini, tapi sekali lagi, hanya akan aku tuliskan satu cerita saja kali ini.

 

Tumbuh kembang seorang anak manusia, ternyata tidak dimulai ketika dia terlahir ke dunia ini, melainkan sudah sejak awal ketika dia masih berada di dalam kandungan. Dimana dalam hal ini, seorang ibu memiliki perang yang penting. Sangat amat penting, bahkan.

 

Ada dua tipe perempuan yang sedang mengalami masa kehamilan, yaitu: (1) perempuan dewasa yang hamil, dan (2) anak perempuan yang hamil. Apa bedanya?

 

Kamu tahu, proses kehamilan itu luar biasa indahnya. Bagaimana janin ditanamkan di dalam tubuh manusia. Bagaimana perubahan kondisi fisiologis dan biologis sang ibu yang dititipkan janin di dalam perutnya. Bagaimana susahnya hanya sekedar untuk menggerakkan badan. Mual-mual, muntah-muntah, pegal-pegal? Ah itu mah sudah biasa.

 

Tapi sedihnya, banyak ibu hamil yang menjadikan ini semua sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Berharap dimanja. Gemar mengeluh. Enggan bergerak. Dan sebagainya. Itulah perempuan tipe kedua: anak perempuan yang hamil.

 

Mengapa? Karena bagaimana perilaku ibu ketika hamil, akan mempengaruhi perilaku janin yang dikandungnya. Jangan heran jika nanti anaknya susah makan. Lah ibunya saja disuruh makan enggan. Jangan heran jika anaknya malas-malasan. Lah ibunya aja doyannya malas-malasan.

 

Kehamilan itu merupakan suatu proses yang luar biasa, sehingga dibutuhkan seorang perempuan yang juga luar biasa untuk melaluinya. Kalau kamu mengeluh atas itu semua, lalu apa bedanya kamu dengan anak perempuan lainnya?

 

Depok, 25 Juni 2016, 20:41

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s