CerpenRamadhan – Hari 19 – Otak

cr19

 

Membaca buku bergambar ini memberiku banyak wawasan baru. Biarpun semuanya mungkin sudah kupelajari sekitar 10 tahun lalu ketika aku masih mengenakan seragam putih abu-abu, hari ini aku menyegarkan kembali pikiranku. Dan dari semua cerita yang ada di situ, akan aku ceritakan salah satu diantaranya kepadamu.

 

Di dalam otak, ada sebuah “peta”. Otak telah menetapkan tempat yang bertanggung jawab akan semua panca indra seperti wajah, mata, hidung, bibir, jari tangan, dan lain-lain. Panca indra yang diatur masing-masing bagian otak telah ditandai dengan cermat.

 

Pernah dilakukan penelitian terhadap orang yang jari manis dan jari kelingkingnya menempel sejak lahir. Kemudian dilihat pada peta otak orang itu, ternyata tidak ada tempat yang bertanggung jawab atas jari kelingking. Lalu dia menjalani operasi untuk memisahkan jari manis dan jari kelingkinya. Selanjutnya, bagaimana orang itu akan menggerakkan jari tangannya?

 

Awalnya peneliti berpendapat bahwa karena dari awal jari tersebut menempel, dan tidak ada peta otak yang bertanggung jawab atas jari kelingking, maka jari manis dan jari kelingking akan tetap bergerak bersama-sama. Namun kenyataannya? Tidak! Jari manis dan jari kelingking tetap dapat bergerak sendiri-sendiri.

 

Setelah dilihat lagi otak orang tersebut, ternyata bagian otak yang bertanggung jawab mengatur jari kelingking yang tadinya tidak ada, kini menjadi ada! Hal ini membuktikan bahwa peta otak dibuat setelah seseorang lahir. Sehingga sesuati yang dikerjakan terus-menerus akan membuat peta otak semakin berkembang.

 

Jadi, setelah ini, apakah kamu masih berani untuk meragukan kemampuan otakmu sendiri?

 

Depok, 24 Juni 2016, 15:21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s