CerpenRamadhan – Hari 18 – Di Ujung Trotoar #2

cr18

 

Aku berjalan kaki seorang diri menyusuri trotoar. Bukan seorang diri lebih tepatnya, melainkan berdua bersama tongkat kayu penyangga yang telah menemaniku sejak lahir; tongkat kayu yang juga menjad senjataku dalam mencari nafkah.

 

Setiap malam, kami para pemuda jalanan -begitu kami menamakan diri- selalu berkumpul di sekitar pintu masuk Gelora Bung Karno. Beratapkan langit beralaskan tanah, kami saling berbagi keceriaan dan berbagi cerita, tanpa peduli berapa banyak uang yang bisa kami kantongi hari ini. Bagi kami, kebersamaan ini jauh lebih mahal daripada apapun di dunia ini.

 

Tempat itulah yang akan aku tuju, ketika dalam perjalanku menuju ke sana aku melihat seorang perempuan berjalan menunduk dengan emosi yang tidak dapat kugambarkan. Entah dia marah, entah dia sedih, entah dia bingung, aku tidak tahu, Yang kutahu hanyalah ia terus berjalan menunduk tanpa mempedulikan keadaan di sekitarnya.

 

Sampai kemudian ia tidak sadar bahwa jalur trotoar yang dilaluinya sudah habis. Kini ia berjalan di aspal jalan raya, dan ia semakin mendekati persimpangan. Namun, sekali lagi, ia seakan tidak sadar akan itu semua.

 

Dari kejauhan aku melihat sebuah mobil berjalan kencang ke arahnya. Tidak terlihat mobil itu akan memperlambat laju kendaraannya. Pun demikian dengan si perempuan: ia masih saja asik berjalan menunduk tanpa peduli apa yang terjadi. Dalam sepersekian detik aku membayangkan bahwa mobil itu akan segera menabrak si perempuan, cepat atau lambat.

 

Tiba-tiba saja aku merasa bagaikan mendapat sebuah kekuatan. Entah darimana datangnya. Aku melepas tongkat kayu yang selama ini menopangku, kemudian setengah melompat aku berlaru menuju perempuan itu. Aku melompat sekuat tenaga, dan mendorong perempuan itu hingga terjungkal. Persis sepersekian detik sebelum moncong mobil tadi menghantam tubuh perempuan itu.

 

Jakarta, 23 Juni 2016, 14:22

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s