CerpenRamadhan – Hari 5 – Memilih

cr5

 

Mata Rosi sedari tadi memperhatikan layar smartphone miliknya. Tidak ada yang menarik dari isi timeline hari ini. Sampai mata Rosi berhenti dan menatap lama sebuah postingan dari Arya, temannya yang lebih suka menyetir sendiri daripada naik kendaraan umum.  Falsafah hidup, kata Arya di dalam tulisannya. Berikutnya, Rosi juga menatap lama postingan lain dari Nia, temannya yang sedang bimbang menentukan pilihan.

 

Rosi menghempaskan smartphonenya ke atas kasur. Kemudian ia berbaring dan menghela nafas panjang. Matanya menerawang menatap langit-langit kamar. “Kendali atas diri sendiri”, kata-kata ini terngiang-ngiang di dalam pikiran Rosi.

 

Sama seperti Nia, Rosi pun juga mengalami dilema yang sama. Bahkan bukan hanya 1, melainkan 5 lelaki sekaligus! Ya, Rosi memang tidak cantik, tidak menarik, juga tidak berkelakuan baik. Rosi hanya nyentrik dan lumayan asyik, meski sedikit unik. Begitu kata semua lelaki yang mendekati Rosi.

 

Tapi Rosi tidak tinggal diam: ia tidak ingin hidupnya berada di dalam kendali orang lain. Cukup sudah waktu bagi kelima lelaki itu untuk menentukan pilihan. Rosi, walaupun perempuan, tidak selamanya harus menjadi pilihan. Ia juga berhak menentukan pilihannya sendiri. Begitu benak Rosi berbisik kepadanya.

 

Akhirnya tanpa perlu menunggu usia terbuang sia-sia, Rosi mendatangi rumah salah seorang dari kelima lelaki yang mendekatinya: seseorang yang ia rasa pantas untuk menjadi pilihannya. Setelah pintu rumah terbuka dan lelaki itu menunjukkan batang hidungnya, dengan tegas Rosi berkata,

 

“Mano, kalau kamu serius sama aku, datangi orangtuaku dan lamar aku secepatnya! Kalau kamu masih ingin menunda-nunda, lebih baik aku dengan yang lain saja!”

 

3 bulan kemudian, Nia menerima sebuah undangan pernikahan dengan nama “Rosi & Mano” tertulis di atasnya.

 

Depok, 10 Juni 2016, 08:23

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s