CerpenRamadhan – Hari 3 – Kendali

cr3

 

Banyak orang mempertanyakan keputusan Arya, bahwa di jalanan ibukota yang padat ini, dia lebih memilih untuk membawa kendaraan sendiri daripada menggunakan angkutan umum, entah itu bus, kereta, ojek, ataupun lainnya.

 

“Ini sebuah falsafah kehidupan. Aku tidak yakin mereka akan memahaminya,” begitu jawaban Arya setiap kali ditanya alasannya.

 

Bagi Arya, menyetir sendiri bukan sekedar “mengemudikan kendaraan”. Bagi Arya, menyetir sendiri berarti dia memiliki kendali penuh atas kendaraannya sendiri: atas dirinya sendiri.

Bus, kereta, atau lainnya, Arya enggan menggunakannya bukan karena masalah infrastruktur. Juga bukan karena masalah biaya, ketepatan waktu, kenyamanan, dan sebagainya. Ini lebih kepada kendali terhadap diri sendiri.

 

Jika menggunakan, sebut saja, kereta, maka Arya harus duduk manis menunggu di stasiun. Dengan sangat terpaksa, Arya harus menunggu sampai kereta datang, apapun alasannya. Begitupun ketika sudah berada di dalam kereta, Arya harus menerima segala kemungkinan yang terjadi: gangguan sinyal, rel patah, tidak ada ruang untuk bergerak, dan lainnya. Begitupun dengan bus atau lainnya.

 

Jika menyetir sendiri, Arya bisa memilih kapan ia akan berangkat, kapan ia akan berhenti, kemana jalan yang harus ia cari ketika jalanan macet, ataupun keputusan-keputusan lainnya yang bisa ia tentukan sendiri. Arya tidak ingin hidupnya berada di bawah kendali orang lain. Siapapun. Arya hanya ingin menentukan sendiri kemana hidupnya akan berjalan. Tidak ada seorangpun yang mengetahui peta kehidupan Arya, selain dirinya sendiri.

 

Banyak orang yang hidupnya menjadi tersia-siakan, karena mereka tidak berani mengambil kendali atas kehidupannya sendiri. Mereka diam saja, menunggu orang lain mengendalikan hidupnya. Dan akhirnya, mereka terlupakan dan terbuang tanpa pernah seorangpun yang menyadari kehadirannya.

 

“Karena jika kita tidak mengendalikan kehidupan kita sendiri, maka hidup kita hanya akan menjadi bagian dari kendali orang lain.”

 

#cerpenramadhan #crhari3

 

Jakarta, 8 Juni 2016, 09:20

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s