IntisariBuku: How Successful People Lead – John C. Maxwell

How Successful People Lead

How Successful People Lead

Keterangan buku:

 

Penulis                 : John C. Maxwell

Judul                     : How Successful People Lead

Penerbit              : MIC Publishing

Tahun terbit       : 2013

Tebal                     : 244 halaman

 

Bagi mereka yang tidak dikaruniai bakat memimpin, kepemimpinan bisa jadi sebuah misteri. Memimpin orang lain bagaikan berjalan dalam lorong yang gelap: mereka tahu ke mana mereka ingin pergi, namun tidak bisa melihatnya dan tidak tahu dimana letak masalah dan lubang-lubang yang bisa membuat mereka jatuh. Di dalam buku ini, John C. Maxwell menjelaskan Lima Level Kepemimpinan dengan jelas dan tidak berbelit-belit supaya mudah dipelajari oleh semua orang.

 

Kepemimpinan adalah sebuah proses, bukan jabatan. Dulu orang-orang pernah menyamakan kata “kepemimpinan” dengan “manjemen”, namun sebagian besar di antara mereka sekarang tahu bahwa ada perbedaan besar di antara kedua kata itu. Manajemen bisa berjalan dengan baik saat tidak terjadi perubahan, sebaliknya kepemimpinan melibatkan manusia dan dinamika mereka yang terus berubah. Kepemimpinan terus ditantang untuk menciptakan perubahan dan memfasilitasi pengembangan diri, dimana keduanya membutuhkan pergerakan dari satu level kepemimpinan menuju level selanjutnya.

Adapun Lima Level Kepemimpinan yang dimaksud di dalam buku ini adalah sebagai berikut:

 

  • Level 1: Jabatan.

Di level ini orang lain mengikuti kita karena keharusan. Tempat ini memang menyenangkan untuk disinggahi, namun sebaiknya kita tidak tinggal di sini. Penting diperhatikan bahwa jabatan tidak bisa disamakan dengan kepemimpinan sejati, sehingga kita diminta untuk terlibat dalam kepemimpinan yang sebenarnya.

 

  • Level 2: Perkenaan.

Di level ini orang lain mengikuti kita karena mereka memang ingin mengikuti kita. Kita tidak akan bisa memimpin orang lain jika kita sendiri tidak suka membina hubungan dengan mereka, sehingga kita ditekan untuk dapat membina hubungan positif. Dengan demikian tempat kerja yang kita pimpin akan menjadi lebih menyenangkan untuk semua orang.

.

 

  • Level 3: Produktivitas.

Di level ini orang lain mengikuti kita karena sumbangsih kita bagi organisasi: karena kita telah mampu membuktikan produktivitas organisasi. Tentu saja pada posisi ini beban kepemimpinan menjadi bertambah berat, namun kemampuan untuk mewujudkan banyak hal inilah yang membedakan pemimpin sejati dengan pemimpi.

 

  • Level 4: Mengembangkan orang lain.

Di level ini orang lain mengikuti kita karena sumbangsih kita bagi hidup mereka. Hal terpenting di level ini adalah untuk membantu pemimpin lain mengembangkan diri mereka. Dengan banyaknya pemimpin yang kita kembangkan, kemampuan organisasi pun menjadi lebih besar, dan di level ini mutlak dibutuhkan kedewasaan dan keahlian yang sangat tinggi.

 

  • Level 5: Puncak.

Di level ini, orang lain mengikuti kita karena jati diri kita dan nilai-nilai kita. Prestasi tertinggi di dalam Lima Level Kepemimpinan adalah ketika kita mampu mengembangkan pemimpin lain hingga mencapai level 4. Di dalam level ini pengaruh kita telah melampaui jangkauan dan waktu kita. Yang perlu dilakukan untuk membantu orang lain mencapai level 4 adalah dengan menciptakan ujian yang sangat berat bagi pemimpin yang kita kembangkan.

 

Dalam praktiknya, kita bisa naik satu level namun tidak akan pernah meninggalkan level sebelumnya. Untuk mencapai level selanjutnya seringkali membutuhkan waktu lama, namun kita bisa kembali ke level sebelumnya dengan cepat. Semakin tinggi level kita, semakin banyak waktu dan komitmen yang dibutuhkan untuk mencapai level selanjutnya. Selain itu, level kita belum tentu sama di mata semua orang, karena kepemimpinan itu dinamis dan harus disesuaikan saat membina hubungan dengan orang-orang baru. Begitupun saat posisi atau organisasi berubah, biasanya kita tidak bertahan di level yang sama. Perlu juga diperhatikan bahwa untuk mencapai level yang lebih tinggi membutuhkan pengembangan diri lebih lanjut. Namun semakin tinggi level kita, semakin mudah untuk memimpin. Dan tentu saja, semakin besar hasil yang bisa diberikan.

 

Depok, 19 April 2016, 10:47

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s