30HariBercerita – Hari 28 – Michael Porter

30HBC28

Michael Porter.

Aku mengenal nama itu sudah sejak 5 tahun yang lalu. Ketika itu aku yang merupakan seorang lulusan Teknik Nuklir, sedang bekerja sebagai seorang perencana strategi di sebuah perusahaan logistik. “Porter’s Five Forces” adalah salah satu tools strategi yang pertama kali aku kenal, yang mengantarkanku untuk pindah jalur dari dunia teknik ke dunia manajemen.

Untuk mendalami lebih dalam mengenai ilmu manajemen, lebib khususnya manajemen strategi, aku melanjutkan study di salah satu kampus di pinggiran ibukota. Dari sana aku semakin sering mendengar nama Michael Porter, bahkan mulai banyak mempelajari jurnal-jurnal yang ditulis olehnya.

Michael Porter bukan orang biasa. Beliau adalah salah satu orang yang disegani di dunia manajemen straregi. Pandangannya mengenai konsep-konsep straregi menjadi landasan yang digunakan banyak pihak, entah itu para pelaku bisnis maupun para akademisi.

3 tahun telah berlalu sejak aku terakhir kali berkutat dengan jurnal Michael Porter dalam rangka penulisan tugas akhir. Tapi baru hari ini akhirnya aku berkesempatan untuk menjumpai salah satu bukunya yang paling terkenal: Competitive Strategy. Biarpun sudah ditulis sejak 26 tahun yang lalu, tapi wawasannya terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Michael Porter. Apa aku bisa menjadi seperti dia?

#30haribercerita #30hbchari28

Jakarta, 28 Januari 2016, 21:11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s