30HariBercerita – Hari 21 – Ide

30HBC21

Adakalanya kamu sedang ingin menulis cerita, namun kamu tidak punya ide untuk bercerita. Semuanya hitam. Kosong. Tidak ada inspirasi. Kemudian kamu pergi dan meninggalkan begitu saja.

Tapi taukah kamu bahwa “tidak ada ide” pun bisa menjadi ide untuk sebuah cerita? Ya, kamu tidak perlu ide untuk menulis cerita, karena ketiadaan ide itu sendiri adalah sebuah cerita.

Ceritakan saja kepada semuanya bahwa kamu sedang tidak ada ide. Bahwa di pikiran kamu saat ini sedang tidak difokuskan kesana, sehingga kamu sendiri tidak tahu apa yang akan kamu tulis. Kamu hanya berputar-putar dan merasa buntu, untuk selanjutnya kembali ke tempat semula.

Semuanya gelap. Hampa. Kosong. Tidak ada inspirasi untuk menggoreskan tinta. Yang ada hanya hati yang bergejolak dan pikiran yang berkecamuk karena ingin bercerita tapi tak tahu harus bercerita apa.

Sekali lagi aku katakan, bahwa ketiadaan ide bisa menjadi sebuah ide cerita. Kalau kamu tidak percaya, coba lihat apa yang baru saja kamu baca. Ya, hari ini aku sedang tidak ada ide, sehingga cerita inilah yang akhirnya aku ceritakan kepadamu semua.

#30haribercerita #30hbchari21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s