30HariBercerita – Hari 20 – Pemenang

30HBC20

Sejarah hanya mencatat para pemenang.

Sebagai penikmat sepakbola, mungkin kamu tahu negara mana yang populer di tahun 1970an dengan konsep Total Footballnya: ya, Belanda. Tetapi, siapa juara piala dunia ketika Total Football sedang berjaya? Jerman di tahun 1974 dan Argentina di tahun 1978. Sementara Belanda harus puas hanya menjadi runner up di keduanya.

Hari ini, orang tahu bahwa Jerman adalah juara piala dunia 4 kali dan Argentina 2 kali. Belanda? Belum pernah! Ia hanya terkenal karena Total Footballnya yang mendunia, meskipun sejarah piala dunia tak pernah mencatat ia sebagai juara.

Kita mundur ke tahun piala dunia 1954. Siapa negara terkuat saat itu? Semua orang pasti menjawab: Jerman! Padahal bukan: ada 1 negara yang kini terlupa dari sejarah: Hungaria! Dengan Frenc Puskas, menjebol gawang lawan bukan perkara sulit. Tapi apa lacur di final mereka dikalahkan Jerman dengan skor 2-3, padahal mereka sempat mencukur Jerman di penyisihan dengan skor 8-3. Dan hari ini, dunia lebih mengenal Jerman sementara melupakan Hungaria dengan Frenc Puskasnya.

Siapa yang kenal Bayer Leverkusen? Mungkin terdengar asing, dan tentu lebih familiar mendengar Bayern Munich atau Real Madrid. Di awal tahun 2000an, Bayer Leverkusen yang dikomandoi Michael Ballack merajai Jerman dan Eropa, tapi sayang: di liga Jerman dan piala Jerman mereka dikalahkan Bayern Munich, sementara di final liga Champion mereka dikalahkan Real Madrid dengan gol spektakuler Zinedine Zidane. Kegagalan Leverkusen meraih satupun gelar membuat kini mereka mulai terlupakan dan sempat disebut sebagai Bayer “Never”kusen.

Hal yang sama akan terjadi jika Leonardo di Caprio sampai akhir hayatnya gagal meraih piala Oscar. Atau Dani Pedrosa yang belum pernah menjuarai Moto GP. Mengapa? Ya, karena sejarah hanya mencatat para pemenang. Dan tidak ada tempat bagi para pecundang.

#30haribercerita #30hbchari20

Depok, 20 Januari 2016, 11:36

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s