30HariBercerita – Hari 12 – Jalan Hidup

30HBC12

Jalan hidup bukanlah jalan tol: ia tak selalu lurus, dengan aspal yang mulus, apalagi tanpa hambatan. Jalan hidup itu bagaikan mendaki gunung: berkelok, penuh liku, kadang berlubang, dan kamu tak pernah tahu di depanmu ada bukit atau jurang.

Kamu mungkin tak percaya bahwa seorang sarjana Teknik Nuklir bisa bekerja di dunia personalia. Tapi, aku punya ceritanya.

Dulu, di SMA aku mengambil jurusan IPA. Aku bermimpi membangun PLTN di Indonesia, atau memenuhi tabel unsur periodik kimia, yang akhirnya mengantarkanku untuk kuliah di Jurusan Teknik Nuklir di kota Jogja. Tapi mimpi untuk berdirinya PLTN sepertinya masih terlalu mengangkasa. Sampai aku lulus, PLTN masih tetap sebatas wacana. Jadilah aku seorang pengangguran bergelar sarjana.

Untungnya ada sebuah perusahaan logistik yang memiliki program yang menarik: Management Trainee yang menerima lulusan dari semua jurusan tanpa peduli dari background apa kita terdidik. Aku diterima, dan ditempatkan di bagian perencanaan stratejik.

Jadilah aku seorang sarjana Teknik Nuklir yang sehari-hari berkutat dengan perencanaan strategi. Kucoba mengimbanginya dengan mengambil kuliah lagi. Di sebuah universitas negeri, aku pindah haluan dari dunia teknik ke dunia manajemen strategi.

4 tahun berkelana sebagai perencana, aku mendapat tawaran dari seorang rekan: untuk memegang bagian sumber daya dan pengembangan. Aku menerima, dan sekali lagi berpindah haluan.

Bukan hal yang mudah untuk mengulang semua dari 0 lagi. Dari dunia nuklir ke dunia manajemen strategi. Atau dari dunia manajemen strategi ke dunia pengembangan organisasi. Tapi buatku itu bukan masalah berarti. Karena kamu kan tahu, seseorang dikatakan mati bukan ketika napasnya telah terhenti. Tapi seseorang dikatakan telah mati ketika ia enggan untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

#30haribercerita #30hbchari12

Jakarta, 12 Januari 2016, 13:26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s