30HariBercerita – Hari 6 – Tuhan

30HBC6

“Ntar dulu ah sholatnya, masih banyak kerjaan nih!”

“Sholatnya ntar aja deh pas udah sampe di rumah!”

Aku sering mendengar kalimat seperti itu terucap dari mulut seseorang. Bahkan aku sendiri pun tidak memungkiri bahwa aku juga terkadang berpikir akan hal tersebut. Sebuah pikiran yang, sejujurnya aku sadari, adalah sebuah kesalahan besar.

Apa peran manusia di dunia ini? Tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai Abdullah: sebagai hamba Allah. Siapa atau apa Allah itu? Dia adalah Dzat Yang Maha Besar, Maha Berkehendak, dan menciptakan serta mengatur alam semesta dan seisinya.

Kamu tahu, rezeki kamu itu datangnya dari Allah, bukan dari tempat kamu bekerja. Dan kamu tahu, kekuatan dan kemampuan untuk kamu dapat mengerjakan sesuatu itu datangnya dari Allah, bukan dari dirimu sendiri. Bagaimana mungkin kamu melalaikan sholat dan mengutamakan pekerjaan kamu, sementara kamu tahu bahwa Dia lah Dzat yang memberimu kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kamu? Karena Dia bisa saja memberimu pekerjaan yang kamu tidak sanggup untuk menyelesaikannya. Atau Dia bisa saja mencabut kemampuan yang kamu punya sehingga kamu tidak lagi mampu melakukan apa yang biasa kamu lakukan.

Begitupun ketika dalam perjalanan. Kamu berharap bisa segera tiba di rumah dan mendirikan sholat setelahnya. Tapi tahukah kamu bahwa Dia lah Dzat yang mengatur alam semesta dan segala isinya? Dia bisa saja membuat jalanan macet sehingga kamu telat tiba di rumah. Atau Dia membuat perjalananmu menjadi sulit sehingga kamu tidak segera tiba.

Dia lah Iradah, Dzat Yang Maha Berkehendak. Dia lah Muqallibal Quluub, Dzat Yang Maha Membolak-Balikkan Hati. Dia bisa membuat para pengguna jalan “menyingkir” untuk memberimu jalanan yang lancar tanpa kemacetan. Lalu atas dasar apa kamu mengabaikannya?

Dan Dia lah pemilik surga dan neraka, dengan nyawa kita berada di tangan-Nya. Kalau kamu tidak mengutamakan-Nya, maka bagaimana mungkin Dia akan mengutamakan kamu?

#30haribercerita #30hbchari6

Depok, 6 Januari 2016, 09:25

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s