DailyActivityPlan

Apakah lu ngerasa bahwa hidup lu gitu-gitu aja?

Apakah lu ngerasa bahwa 24 jam dalam hidup lu setiap harinya terbuang sia-sia?

Apakah lu ngejalanin hidup lu bagaikan air yang mengalir? Mengalir dari kloset ke comberan?

Apakah lu pengen supaya hidup lu lebih terencana?

Apakah…???

 

“Gone with the flow. Ikutin kemana air mengalir aja deh.” Gitu kira-kira kata mayoritas anak manusia di dunia ini pada umumnya.  Manusia-manusia biasa. “Just an ordinary people,” gitu kalo kata biography di twitter orang-orang kebanyakan. Sebagian besar orang adalah kaya gitu, nah apakah lu mau ikutan kaya gitu juga?

“Ah, gue kan hanya manusia biasa.” Bukan, lu adalah manusia luar biasa!

“But I’m just an ordinary people.” No, you can be an extraordinary people!

 

*ini kenapa ngomongnya jadi kaya motivator begini ya. Pasti ujung-ujungnya mau jualan produk deh…*

 

Bukan begitu bro. Gue hanya ingin berbagi sebuah hal yang semoga bisa menjadi inspirasi buat lu-lu semua. Apa itu? Langsung aja kita menuju ke Tee Kaa Pee…!!!

Jadi begini ceritanya. Sebagai seorang yang mengenyam bangku pendidikan di manajemen strategi dan sebagai seorang professional yang berkutat di dunia corporate strategic planning, adalah sia-sia jika semua ilmu itu ga gue wujudkan di dalam kehidupan sehari-hari gue. Loh emang bisa, bukannya manajemen strategi dan corporate strategic planning bicara dalam konteks perusahaan/organisasi? Kenapa nggak, bukankah definisi organisasi itu sendiri adalah sekelompok individu yang bergerak bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama?

Dalam kaitannya dengan manajemen strategi pada konteks individu, gue mau membagi suatu tools yang mungkin bisa bermanfaat buat lu-lu pada untuk membantu menjawab 4 pertanyaan yang gue sebutkan di awal tulisan ini tadi. Sebuah tools yang akan mengubah jalan hidup lu-lu pada. Tools apakah itu? Itu adalah sebuah tools yang gue beri nama…

 

…DAILY ACTIVITY PLAN…!!!

 

Ya, Daily Activity Plan. Atau rencana aktivitas harian. Wow, apaan tuh? Tenang-tenang, ambil nafas dulu, buang pelan-pelan lewat jalur belakang. Duuuutttt… Ah lega…

Dailiy Activity Plan adalah semacam pencabaran dari manajemen strategi dalam konteks individu berupa alat bantu yang gue gunakan di dalam keseharian gue. Seperti namanya, Daily Activity Plan ini berisi tentang rencana aktivitas harian gue setiap bulannya, setiap minggunya, setiap harinya bahkan sampai setiap setengah jam nya. Tools ini gue gunakan untuk merencanakan apa-apa aja yang kiranya bakal gue kerjakan di hari-hari tersebut, dan untuk level terkecil gue gunakan rentang waktu per setengah jam. Selain dari rencana aktivitas, gue juga menambahkan aktualisasi dari perencanaan yang udah gue susun. Per setengah jam gue bandingin plan dan actual dari aktivitas gue. Ini berguna untuk memonitor apakah rencana yang udah gue susun bener-bener dapat terlaksana dengan baik, atau ada yang belom dikerjain, atau sebaliknya malah aktual nya lebih oke dibanding perencanaannya.

Penasaran wujudnya kaya gimana? Nih buat lu-lu semua gue kasih liat dah nih:

Daily Activity Plan 2

 

Kaga keliatan? Ya emang. Bentar gan ane zoom in dulu eeaahh…
Daily Activity Plan

 

Udah liat? Ada yang bingung? Pasti ada dong ya. Pegangan gih sana kalo bingung.

Di baris paling atas adalah tanggal. Bulannya gue tulis di sheetnya. Jadi 1 file excel itu ada banyak sheet, dimana 1 sheet adalah aktivitas selama 1 bulan. Di bawahnya ada plan yang dikasi warna hijau, merupakan rencana aktivitas gue yang gue tulis di hari/minggu/bulan sebelomnya, sementara yang actual adalah realisasi dari rencana aktivitas, yang gue tulis H+1 atau di malam hari dari tanggal bersangkutan. Itu karena gue ngasih contohnya di hari-hari yang udah lewat aja makanya plan sama actualnya udah ke-isi. Kalo di hari-hari yang belom dijalanin, yang udah ke-isi cuma yang plannya doang. DI bawahnya lagi adalah hari di tanggal tersebut.

Selanjutnya di kolom yang sebelah kiri adalah detail per setengah jam dari setiap harinya. Jadi disitu udah coba gue rencanain bahwa di hari itu, setiap setengah jam nya gue bakal ngapain. Mulai dari jam 00.00 sampe ke jam 24.00. Full 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Terus di paling bawah masing-masing hari ada 3 poin, itu apaan ya? Oh sebagai perwujudan anak manusia yang selalu bersyukur kepada Tuhannya, setiap hari gue menulis 3 hal yang luar biasa yang terjadi di hari itu. Ga harus hal yang luar biasa sih, yang penting semangatnya adalah bahwa di hari itu apa aja hal-hal yang kita perlu bersyukur karenanya. Seburuk-buruk apapun hari yang kita jalanin, pasti ada banyak hal yang kalau kita sadari seharusnya bisa membuat kita lebih banyak bersyukur daripada mengeluh.

Gue udah menggunakan tools ini mulai dari Desember 2011, dan masih terus gue pake sampe sekarang. Apakah dengan menggunakan tools ini kemudian hidup gue jadi lebih terarah dan terencana? Ya gue sih nggak bisa ngasih tau jawabannya. Tapi kalo lu ngeliat bahwa sampe ketika tulisan ini ditulis ( Oktober 2013), dimana di Januari 2012 gue menjadi ranking 1 The Best Management Trainee di perusahaan yang lama, kemudian jadi Supervisor di usia 24 tahun, nerbitin novel perdana di Agustus 2012 dilanjut novel kedua Maret 2013, selesai thesis S2 persis 2 tahun di Juli 2013 dan berkesempatan meng-umroh-kan diri sendiri dan orang tua di April 2013, ya harapannya lu-lu semua udah bisa ngejawab sendiri lah ya.

Kembali lagi mengenai tools Daily Activity Plan ini, gue nggak mewajibkan lu-lu semua untuk menggunakannya, tapi kalo lu mau nyoba ya dengan senang hati gue persilahkan. Spirit yang coba gue ambil disini adalah bahwa dalam hidup ini perencanaan adalah suatu hal yang mutlak diperlukan. Perencanaan, biarpun mungkin pada pelaksanaannya ada sedikit melenceng dari rencana, adalah masih jauh lebih baik dibanding nggak ada perencanaan sama sekali. Serta rasanya sayang kalo di hidup kita yang singkat ini kita ngejalaninnya cuma gitu-gitu aja, ga ada nilai lebih dan value added yang kita peroleh dari setiap detik yang kita lalui. Semua makhluk di dunia ini diberi jatah waktu yang sama: 24 jam per hari. Namun yang membedakan orang sukses dengan orang yang kurang sukses adalah bahwa mereka yang sukses umumnya lebih lihai di dalam memanfaatkan setiap detik yang mereka punya di dalam hidupnya.

Semoga tools ini bisa menjadi inspirasi. Kalo ada yang kurang jelas silahkan boleh lah kita diskusi. Mumpung masih gratis nih, mumpung gue bleom jadi profesional di konsultan manajemen strategi. Dan terakhir, berikut ini ada sebuah idiom menarik yang pernah gue baca entah dimana:

 

“Gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.”

 

“Without a strategy the organization is like a ship without a rudder.”

 

Depok, 15 Oktober 2013, 21:30

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s