ApaYangSedangKitaLakukan?


 

Alkisah ada 4 orang pekerja bangunan sedang membangun sebuah sekolah.  Mereka membangun dinding sekolah: menyusun batu bata, mencampur semen dan menumpuk batu bata yang satu diatas yang lainnya. Kemudian ada seorang pemuda yang bertanya kepada mereka, “Apa yang sedang kalian lakukan?

 

Pekerja pertama menjawab, “Saya sedang menumpuk batu bata yang satu diatas batu bata yang lainnya.” Karena menurutnya memang itulah yang sedang dia lakukan.

 

Pekerja kedua menjawab, “Saya sedang membangun sebuah dinding.” Karena menurutnya tujuan dari dia menyusun batu bata demi batu bata tersebut adalah untuk membangun sebuah dinding.

 

Pekerja ketiga menjawab, “Saya sedang membangun sebuah sekolah.” Karena menurutnya dinding-dinding yang akan dia bangun tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk sekolah.

 

Pekerja keempat menjawab, “Saya sedang membangun sebuah peradaban.” Karena menurutnya dari sekolah tersebut akan terjadi proses pendidikan dan pengajaran didalamnya, yang merupakan cikal-bakal sebuah peradaban untuk umat manusia di masa depan.

 

***

 

Seringkali kita alpa untuk menyadari, apa tujuan dari aktivitas yang kita lakukan dalam keseharian kita. Kita melakukan aktivitas sehari-hari, namun pernahkah kita mencoba untuk memahami, sejatinya apa tujuan kita melakukannya. Apakah kita hanya sebatas melakukannya, ataukah kita tahu bahwa aktivitas-aktivitas yang kita lakukan merupakan salah satu langkah untuk menuju suatu tujuan besar.

 

Sebagian besar diantara kita tentunya memiliki impian besar: menjadi direktur, menjadi pengusaha sukses, membangun yayasan pendidikan, menjadi negarawan, mendirikan rumah sakit, atau lainnya. Semua impian tersebut tidak mungkin dapat dibangun hanya dalam satu malam. Ada ribuan bahkan mungkin jutaan langkah yang perlu seseorang lakukan untuk mencapai impiannya.

 

Untuk menuju Surabaya dari Jakarta dengan menggunakan mobil misalnya, sebelum sampai ke Surabaya tentunya kita harus melewati Cikampek, jalur pantura, Cirebon, Semarang, Tuban, Gresik dan barulah sampai di Surabaya. Begitupun untuk meraih tujuan hidup dan impian kita, banyak langkah dan proses yang perlu kita lewati terlebih dahulu, termasuk aktivitas-aktivitas di dalamnya.

 

Kembali sebuah pertanyaan yang ditujukan untuk diri kita masing-masing, “Apa yang sedang kita lakukan?”. Apakah kita hanya sebatas melakukannya karena itulah aktivitas harian kita, ataukah kita tahu bahwa aktivitas tersebut akan menuntun kita untuk mencapai sebuah impian besar?

 

Dengan menyadari hal tersebut, keluhan akan aktivitas yang dilakukan tidak akan terjadi lagi. Karena kita menyadari, meskipun mungkin terlihat kecil atau sepele, justru itulah salah satu proses untuk mencapai tujuan besar. Meskipun hanya sebatas menumpuk satu batu bata diatas batu bata yang lainnya, namun justru dari situlah langkah awal sebuah peradaban akan terbangun.

 

Sehingga sekali lagi, ketika kita ditanya “Apa yang sedang kita lakukan?”, maka jawaban seperti apa yang kita berikan?

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s