PertanyaanSeputarKedokteran

Jumat siang, dari sebelom Sholat Jumat kepala gue mendadak pusing sebelah. Persisnya di deket pelipis kiri. Sampe abis Jumatan juga masih terasa pusing. Cenut-cenut gimana gitu. Sepanjang perjalanan pulang dari masjid, gue bertanya-tanya dalam hati, kenapa gue bisa pusing kaya gini? Apa karena salah tidur, salah makan, atau salah hidup?

Pertanyaan gue nggak berhenti sampe disitu. Selanjutnya gue bertanya lagi, sebenernya definisi dari pusing/sakit kepala itu apa? Maksudnya, apa yang terjadi di dalem kepala kita sampe kita bisa merasa cenut-cenut disana?

Rasanya nanggung kalo pertanyaan-pertanyaan ini menguap gitu aja. Gue harus mencari tau jawabannya. Sebaik-baik jawaban adalah yang ditanyakan kepada ahlinya. Dalam hal ini, sakit kepala kan ada hubungannya dengan dunia kesehatan dan kedokteran, jadi gue harus bertanya kepada dokter. Bukan dokter hewan tentunya, apalagi dokter cinta.

Dokter? Waduh, gue nggak punya dokter pribadi nih. Oh tapi kan gue punya temen-temen yang berkutat di dunia kedokteran dan insya Allah dalam beberapa tahun mendatang bakalan jadi dokter. Kalo boleh sebut nama, para calon dokter tersebut beserta spesifikasinya adalah dokter anak (Mbut), dokter kelamin (Tandow), dokter idola (Danar), dokter cabul (Badax), dan masih banyak lagi.

Jadilah gue kepikiran untuk menanyakan pertanyaan pada paragraf 1 dan 2 tersebut ke temen-temen gue yang bergulat di dunia kedokteran. Tapi nanggung rasanya kalo cuma nanya 1-2 pertanyaan doang. Jadi melalui tulisan ini, gue pengen nanya beberapa hal seputar dunia kesehatan dan kedokteran.

Ini dia pertanyaannya, tolong dijawab semampunya ya.

  1. Apa definisi dari pusing/sakit kepala? Organ tubuh mana yang “error” ketika sakit kepala? Darimana cenut-cenut waktu sakit kepala itu berasal?
  1. Bagaimana cara mengobati sakit kepala? Bagaimana prinsip kerja “obat” itu sehingga bisa menyembuhkan sakit kepala?
  1. Gue pernah denger kalo kita dilarang meletakkan handphone di deket kepala atau di kantong celana, karena radiasinya bisa mengganggu kesehatan. Pertanyaannya, apakah statement itu betul?
  1. Nyambung sama nomor 3. Kalo betul, radiasinya itu termasuk radiasi apa? Radiasi pengion, radiasi gelombang, atau radiasi apa? Terus organ tubuh yang diserang sama radiasi itu organ apa?
  1. Kolesterol. Bisa tolong jelasin tentang definisi kolesterol? Kenapa kolesterol itu nggak bagus? Hal-hal apa aja yang mempengaruhi banyak-sedikitnya kolesterol?
  1. Setiap orang punya karakter tubuh yang beda-beda, ada yang tinggi, pendek, kurus, gemuk dll. Kita bisa menyebut hal tersebut sebagai Sunatullah, bahwa setiap orang terlahir dengan rezekinya masing-masing. Tapi kalo dari sisi kedokteran, hal-hal apa aja yang membuat orang bisa punya bentuk badan kaya gitu?
  1. Nyanbung sama nomor 6. Setau gue yang awam, hal tersebut salah satunya dipengaruhi hormon. Misal, orang pendek karena kekurangan hormon-X. Nah untuk kasus-kasus kaya gitu, apakah hormon-X pada orang tersebut emang hanya segitu, ataukah ada metode/terapi/obat yang bisa meningkatkan hormon-X pada orang tersebut sehingga orang tersebut jadi tinggi?

Oke, sementara segitu dulu aja ya. Gue berterima kasih banget jika temen-temen bersedia membantu gue untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Kalopun ternyata temen-temen belom punya jawabannya, minimal bisa tolong bantu cari link yang kiranya berkolerasi dengan pertanyaan-pertanyaan diatas. Sekaligus, disini juga bisa sebagai bahan diskusi terkait dunia kedokteran dan kesehatan.

Sekian dulu pertanyaannya. Ditunggu responnya.

C-Kink

Depok, 13 Agustus 2010

6 Comments Add yours

  1. syalelkhem says:

    sy bkn anak kedoteran, sy nak fisika kyk kamu coba sya jwb :
    1. sakit kepala bermacam-macam penyebabnya, tapi yang paling umum dirasakan yaitu karena sumbatan aliran darah ke otak, mau itu otak bagian tengah (penglihatan) memori atau motorik… lazimnya jika kamu itu minus alias fungsi lensa mata kamu dayanya menurun, maka sakit kepala itu wajar akan dirasakan, krn hakikarnya keminusan itu timbul karena aliran darah ke mata terhambat, nah kalau sudah begini .. biasanya kepalamu ngilu disertai rasa mual (bkn ngidam loooo!!!), sama halnya seperti jika mata kamu kelebihan di depan komputer atau tV lain halna\y dengan migrain atau sakit kepala sebelah…, bagian dimana aliran darah tersumbat bukan arah otak tengah, tapi memori dan atau otak besar

    2. … solusinya: rileksan mata/bagian kepala lain dengan dipijat refleksi jika tak terlalu parah istirahatkan dengan tidur atau gerakkan badanmu seperti posisi sujud sholat, berulang2 minimal 5 x. pernah dengar obat pereda sakit kepala seperti oskadon?? atau pereda migrain? cara kerjanya bukan solusi kenapa? karena obat kimia hanya memberikan efek tipuan lain ke kepala kamu bahwa organ kamu dalam keadaan baik, nah selama proses “penipuan ” berlangsung, tubuh kamu mengobati badannya sendiri.. , hal ini memicu hormon adrenalin kamu aktif, mknya seringkali orang yg dosisi oskadonnya berlebih kena serangan jantung, atau ga pernah dengar ga? oskadon dicelup sprit bisa jadi NAPZA sekelas shabu? (jgn dipraktekan broo)

    3. radiasi HP dalam kadar berapa persen berat tubuhmu… kalau kurang dari ketentuan itu ga bakalan bahaya, .., kecuali jika kerjamu tiap hari smsan, telponan, sambil chatingan di depan kompi, it should be lah…Mengapa? kita mulai dari jenis radiasi apa yg ditimbulkan HP, radiasinya adalah radiasi RF, km pasti tau pasti RF termasuk jenis pengion atau GEM,
    Apa organ yg diserang? organ yang diserang ya relatif, pastinya adalah sel tubuh kamu, sel yang mana sih? biasanya kena pada sel yg paling rentan radiasi (pernah belajar kan king ttg ini, tiap sel tubuh pnya acceptable tertentu).. sel yg rentan adalah syaraf, dan hormone, a. efek ke syaraf. kerja dinding syaraf ga maksimal, walhasil lalulintas darah ke otak terhambat pula (maceeet) .. akhirnya pusing.., atau bisa jadi krn ni kamu loss memory..b. ke hormon yaitu ngaruh ke hormon melatonin kamu, hrmon ini tereduksi perlahan, padahal ni hormon berfungsi sebagai anti kanker, kebayang kan?

    4. kolesteral ya lemak, lipoprotein (protein-lemak), sekumpulan kolaborasi lemak -protein … masyarakat kita keburu salah paham ttg kata kolesterol ini, sebenarnya ga semua kolesterol jahat, ada yg baiknya yaitu HDL, dan yg jahat adalah LDL (penyebab timbunan lemak di pembulih arteri), sebenarnya ketika dokter kamu bilang.. ni tinggi kolesterol, dia sebenarnya mau ngatain kadar LDL kamu tinggi, apa sih LDL LDL adalah lipoprotein dgn mssa jenig tinggi, kl HDL sebaikny dia adalah lipoprotein berkepadatan rendah, fungsinya membawa LDL ke hati tuk dirombak.. LDL meningkat ketika pola makan kita ga dijaga, misal konsumsi tiap hari adalah junkfood atau gorengan dgn minyak ulang.. bisa juga karena faktor genetis, laminA tubuh mu mengkodekan sekresi berlebih si LDL ni..

    5. gemuk biasanya dia kelebihan lipoprotein (LDL,HDL,Trigelserida).. pernah dengar ada yang makan sedikit tapi malah gemuk.. itu adalah faktor hormonal, hormon yg mana? hormon yang mengatur penyerapan sari makanan di usus 12 jari, pada org gemuk hormon ini sangat eksis sekali, apapun yg si dia makan pasti diseraplah semua lemaknya, kebalikannya pada orang kurus, makan sebanyak apapun tapi dia tetap kurus?, nah itu karena hormon yg ada di usus 12 jari ga eksis, biasanya dia kurus atau gemuk adalah faktor genetis, jadi keeksisan si hormon dlm usus 12 jari ini tergantung DNA kamu berkata apa. makanya munculah produk su2 weight gain, susu ini mengaktifkan si hormon tsb

    6. nope! X bukan hormon tapi kromosom, kelebihan X dinamakan sindrom klenefelter, seperti pada kasus alterina hofman, si cowo kelebihan X sehingga terkadang terlihat seperti penderita down syndrom, kalau wanita yg mengalaminya maka dia menjadi wanita “laki2”, bertubuh tinggi besar dengan jakun, orang menjadi tinggi karena metabolisme human growth hormonnya baik, artinya penyerapan kalsium dalam tulangnya optimal, sebaliknya jika dia pendek kinerja HGH nya tidak terlalu bagus, biasanya genetik, namun tak perlu cemas dengan perbaikan gizi yg stimulan saat ini maka jika org tua anda pendek belum tentu anaknya akan pendek, kita bisa lihat korea selatan, setelah negara ini makmur sejahtera.. kenaikan tinggi badan pasca tahun 70an meningkat 2-3 cm/tahun, kita bandingkan saja dengan sodara nya korea utara, kamu akan melihat perbedaan mencolok, dimana rata2 pria korea selatan bertinggi badan 180 cm an maka, di korea utara hanya 165 cm an

    sekian, jika mau berterima kasih lempar cendol ke ID syalelkhem kaskus

  2. syalelkhem says:

    jika mau berterima kasih kasih cendol ke

    _http://www.kaskus.us/member.php?u=392734_

  3. ckinknoazoro says:

    wow wow wow, makasih banyak gan, nais inpoh. semoga bermanfaat buat ane dan buat semua yang baca.

    tapi maap banget gan ane belom iso jadi belom bisa ngasih cendol . kapan2 aja yah. makasih udah mau mampir kesini. hohohoho

  4. syalelkhem says:

    sy nyimak blog agan dah dari dulu kala *sebelum dinasurus bergigi, wkwkwk* ..komen baru sekarang..gpp gan.. sering mampir ya gan ke tret xenology, atau join di social group indonesian anti zionism kaskus. .. dipermonggo..

  5. syalelkhem says:

    pengganti cendol , kunjung ulang web ku aja ok.. kasih komen ya ren

  6. ckinknoazoro says:

    oke sama2, makasih gan. nais tu mit yu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s