NggakCerdas

Tahun 2010-2011 ini adalah tahun-tahunnya pilkada. Lebih dari 200 pilkada tingkat kabupaten dan propinsi akan segera digelar di seluruh penjuru nusantara. Di setiap daerah, spanduk dan baliho kampanye sudah beredar dimana-mana, saling menjajakan diri bahwa kecapnya adalah kecap nomor satu.

Berbagai cara dan metode dalam berkampanye pun telah dilakukan. Salah satunya adalah sms berantai seperti contoh berikut ini:

“xxx (nama orang) bagi-bagi pulsa agar tanggal 23 Mei terpilih sebagai bupati & wakil bupati yyy (nama kabupaten) 2010. Beliau bekerja sama dengan semua operator. Sebarkan ke 10 orang, pulsa Anda akan terisi 50ribu. Serius kirim 10 sms langsung cek hp Anda pulsa otomatis nambah 50ribu”

Dan sampai detik ini, gue udah nerima 2 kali sms sejenis seperti diatas, dengan nama calon yang berbeda serta daerah pemilihan yang berbeda pula. Mungkin salah seorang diantara kalian juga pernah menerimanya?

Satu hal yang ingin gue sampaikan hanyalah, metode seperti diatas adalah penipuan tingkat rendah. Bagaimana mungkin hanya dengan mengirim 10 sms, pulsa kita otomatis bertambah? Darimana si calon tau kalau kita telah mengirim 10 sms? Dan memangnya se-tajir apa si calon, sampai mereka berani-beraninya bekerjasama dengan operator seluler yang jumlahnya belasan itu?

Sms-sms seperti dicontohkan diatas, meskipun termasuk metode kampanye (terselubung), ternyata mampu menarik minat orang-orang yang terbuai dengan iming-iming di belakangnya, yaitu pulsa 50 ribu setelah mengirim 10 sms. Terbukti dari masih beredarnya sms berantai semacam itu.

Selama +-7 tahun gue megang handphone, belum ada dalam sejarahnya operator dengan begitu mudahnya membagi-bagi pulsa kepada pelanggannya. Kalaupun ada promo, pasti itu berupa potongan tarif atau gimmick lainnya, bukan berupa gratisan pulsa. Kecuali pernah waktu itu 1 kali Telkomsel memberi pelanggannya gratisan pulsa karena pelanggan telah menggunakan Telkomsel selama beberapa tahun gitu.

Jadi, kalau menerima sms-sms seperti tersebut diatas, tidak perlu sampai di forward segala. Cukup dengan me-reply kepada si pengirim, bahwa sms tersebut hanya sebatas sms berantai belaka, hanya untuk mengkampanyekan calon tertentu.

Kecuali, mungkin, sms tersebut bisa menjadi kenyataan jika isinya adalah sebagai berikut:

“Fauzi Muharram bagi-bagi pulsa agar tahun 2030 terpilih sebagai bupati Bantul 2030. Beliau bekerja sama dengan semua operator. Sebarkan ke 10 orang, pulsa Anda akan berkurang rp 1500. Serius kirim 10 sms langsung cek hp Anda pulsa otomatis berkurang 1500, tergantung operator yang Anda gunakan”

C-Kink

13 Mei 2010

3 Comments Add yours

  1. finarukawa says:

    haha.. ini mah bisa bisanya orang iseng aja..

  2. Miftah says:

    mampir:

    udah 1 bulan ga posting kink, tumben…
    haha

  3. ckinknoazoro says:

    @fina: iseng2 berhadiah yah

    @miftah: nih baru mau posting. kemaren lagi evaluasi dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s