MobilDinas #1

Hei, kamu semua yang lagi baca tulisan ini, apa ada yang belom tau, bahwa pejabat pemerintahan kabinet kali ini kembali melakukan pengadaan mobil dinas? Kalo udah tau ya bagus, tapi kalo belom tau, ini sekarang aku kasih tau,

Ya, masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah kali ini juga melakukan pengadaan mobil dinas untuk kepentingan kerja mereka, mobil dinas dengan pelat nomor RI XX. Sebenernya sih sah-sah aja kalo mereka mau memiliki mobil dinas, dan mungkin kalian juga menganggap wajar lah pejabat punya mobil dinas. Tapi kalo semuanya itu wajar, kenapa hari ini aku kembali menyisihkan sebagian umur dalam hidupku untuk menulis tulisan ini?

Pertanyaannya simpel aja. Taukah kalian, mobil apa yang digunakan sebagai kendaraan dinas itu? Ayo coba tebak! Daihatsu Ceria? Toyota Soluna? Honda Jazz? Truk Hino? Suzuki Colt? Volvo? Yamaha Mio? Oke, ayo kita telaah satu-satu.

Daihatsu Ceria? Hei, ini mobil ukurannya kecil, mana nyaman pejabat kita naik mobil ini!

Toyota Soluna? Mobil dinas apa taksi nih?

Honda Jazz? Emangnya pejabat kita mau nongkrong di mall-mall…

Truk Hino? Buset dah, ini mah buat ngangkut logistik!

Suzuki Colt? Mau berdagang ya Pak?

Volvo? Mobil buatan Swedia ini udah basi, sekarang nggak dipake lagi gara-gara spare partnya susah dan kemahalan.

Yamaha Mio? Et dah, ini mah motor kaleeee…

Oke, semua jawaban di atas adalah nggak mungkin. Dan kamu semua pasti dengan cerdas akan segera menjawab:

TOYOTA CAMRY!!!

Hohohohoho…

Horeeeee… Selamat, karena ternyata jawaban tersebut juga masih salah!

Loh kalo bukan Toyota Camry terus apa dong?

Iya, untuk periode pemerintahan sebelom ini, mereka emang menggunakan Toyota Camry sebagai mobil dinas. Tapi sekarang udah nggak make Toyota Camry lagi loh. Terus pake apa donk?

Jawaban yang benar adalah…

Adalah…

Adalah…

TOYOTA CROWN ROYAL SALOON!!!

Kriiiik… Kriiiik…

*Nggak nyambung… Lagi ngomongin mobil dinas kok tiba-tiba ngomongin salon? Emangnya akika cowo apaan bo, mainnya di salon-salon… Gimandang sich yey…

Hei, ini beneran! Hari ini pemerintah sedang melakukan pengadaan mobil Toyota Crown Royal Saloon sebagai mobil dinas mereka!

Ih, biasa aja kaleeee… Secara gitu, pejabat pemerintah kan punya mobilitas tinggi, jadi wajar kalo mereka pake Toyota Crown Royal Saloon. Terus kalo masih wajar, kenapa aku masih tetep nulis tulisan ini?

Ya, karena kalau kalian boleh tau, berapa sih harga 1 unit Toyota Crown Royal Saloon itu? Dari berita di media-media, harga 1 unit mobil tersebut adalah senilai +- rp 1.200.000.000,00.

Sebentar, ada berapa digit tuh angkanya? Coba kita itung: satu, dua, tiga, empat, … Wuaow 1.2 MILIAR RUPIAH!!! Sekali lagi, 1.2 MILIAR RUPIAH!!! Dua kali lagi, 1.2 MILIAR RUPIAH, 1.2 MILIAR RUPIAH!!! Tiga kali lagi, 1.2 MILIAR RUPIAH, 1.2 MILIAR RUPIAH, 1.2 MILIAR RUPIAH!!! Empat kali lagi… Eh udah udah, stop!

Iya, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, harga 1 unit Toyota Crown Royal Saloon adalah senilai 1.2 miliar rupiah. Seandainya pejabat negara tersebut anggaplah ada sekitar 37 orang (aku nggak tau persisnya siapa aja, tapi menteri-menteri dan pejabat setingkat menteri dapet mobil dinas ini), berarti total dana yang keluar untuk pengadaan mobil dinas ini adalah 37 X 1.2 miliar = 44.4 MILIAR RUPIAH!!! Alamakjan…

Emang ada yang aneh ya? Nggak tau deh buat kamu gimana. Tapi buatku, ini terasa aneh! 44.4 miliar rupiah hanya untuk pengadaan mobil dinas! Terus, anehnya dimana?

Simpam semua pertanyaan kamu, karena jawaban dari pertanyaan tersebut akan kita temukan di tulisan selanjutnya yang berjudul “MobilDinas #2”. Uhehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s