ResolusiTahunIni

 

Bismillahirrahmanirrahim…

Subhanallah Alhamdulillah, nggak terasa waktu telah semakin berlalu. Kalo pake hitungan Masehi, tulisan ini ditulis pada tanggal 25 Desember 2009 yang artinya 1 minggu lagi kita bakalan masuk tahun 2009. Tapi kalo pake hitungan Hijriah, hari ini adalah tanggal 8 Muharram 1431 Hijriah. 1 Muharram adalah tahun baru Hijriah, sementara aku sendiri dilahirkan pada tanggal 22 Muharram 1409 Hijriah. Jadi resolusi ini merupakan resolusi dari tahun baru 1431 H, tahun baru 2010 M dan usia ku yang memasuki angka 22 tahun (versi kalender Masehi).

Lalu, apa aja resolusi seekor C-Kink untuk tahun ini? Kalo taun lalu resolusinya 256 x 512 pixel, maka sekarang diupgrade jadi 1024 x 2048 pixel. Dih itu mah resolusi apaan, resolusi grafis komputer kalee…

Resolusi yang kita bahas disini bukan masalah pixel-pixelan, tapi resolusi yang kata kamus di laptop ku, artinya adalah “ketetapan hati”. Kalo kata kamus encarta, ini nih arti resolusi yang berkaitan dengan ketetapan hati:

decision: a firm decision to do something

determination: firmness of mind or purpose

Microsoft® Encarta® 2007. © 1993-2006 Microsoft Corporation. All rights reserved.

Naaaaah itu dia… Nggak tau dah artinya apaan, asal comot aja biar keliatan keren dan ada daftar pustakanya gitu…

Kembali lagi ke bahasan awal. Intinya, apa resolusi seekor C-Kink untuk taun ini? Tanpa banyak bacot lagi, silahkan langsung aja nih dibaca. Yuk monggo…

  1. Insya Allah, di bulan Mei, mentok-mentok Agustus, atau semoga masih sempet di bulan November, dibelakang nama C-Kink akan muncul tambahan 2 huruf “ST.”, singkatan dari Sarjana Teknik. Amiiiiin Ya Allah… Kakak ku si Astrid Pahleviana Paramitha udah dapet gelar Amd. Par dari 3 tahun lalu, dan Juli 2009 kemaren gelarnya nambah jadi S.Sos, dengan judul skripsi “Pengaruh Mall Awareness dan Mall Image terhadap Mall Loyalty”. Insya Allah tahun ini aku bakalan nyusul! Temanya apa? Kalo nggak tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, ya tentang Thin Layer Activation atau tema-tema lainnya yang berkaitan dengan radiasi dan radioisotop.

Tapi sedikit khawatir juga nich. Sampai detik ini, IPK seekor C-Kink hanya mencapai angka 2.99. Sedangkan aku baru akan mengambil tugas akhir jika IPK ku telah kembali ke angka diatas 3.00. Semoga KKN kemaren bisa dapet A dan semoga semester 7 ini IP diatas 3, jadi semester 8 nggak perlu ngambil kuliah lagi. Kabulkanlah Ya Allah, Ya Muhaimin…

  1. Karena terhitung mulai Desember 2009 aku udah lengser dari BEM KMFT UGM yang telah menemaniku sejak September 2007, Insya Allah tahun ini aku sedikit mengurangi waktuku di organisasi dan lebih eksis mengembangkan bakat-bakat lain yang selama ini terpendam. Tapi aku masih punya posisi sebagai Dewan Penasihat Partai Pemersatu Mahasiswa (PPM) Fakulas Teknik UGM, partai yang dulu aku bentuk bulan Juni 2009 bersama 9 rekan seperjuangan. Plus, Insya Allah bakalan ada yang namanya Ikatan Alumni BEM KMFT UGM, forum yang ditujukan untuk para alumni BEM KMFT UGM.

Mungkin di kedua organisasi tersebut, aku mencoba untuk sedikit mengambil peran. Karena sekarang aku udah termasuk golongan “tua”, aku lebih tertarik kepada organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Bukan lagi organisasi yang sifatnya “mencari ilmu”, tapi lebih ke organisasi yang “membagi ilmu”. Ada yang tertarik mengajak gabung?

  1. Insya Allah tahun ini aku akan melanglang buana ke luar negeri! Seumur-umur, mobilitas ku hanya mentok di Pulau Jawa aja. Pernah 2 kali ke Bali dan 1 kali ke Madura. Padahal, dunia ini kan bukan cuma pulau Jawa. Negara di dunia juga bukan cuma Indonesia. Jadi, sudah saatnya bagi seekor C-Kink untuk menjelajah lebih jauh lagi, ke luar negeri! Sementara sih targetnya ke Jepang atau Eropa. Timur Tengah juga bisa, kalo ada rezeki buat naik haji bareng orangtua. Ya mentok-mentok Singapura deh. Tapi dimanapun itu, insya Allah di akhir tahun 2010 nanti, aku udah bakalan punya foto aku berpose di luar negeri!

Kalopun belom rezekinya, ya minimal keluar pulau aja… Kan Indonesia luas gitu loh!

  1. Bisnis? Jelas harus terus dikembangkan! Jika semuanya normal, mestinya tahun ini aku udah nggak lagi menjalani perkuliahan di kelas. Sehingga aku punya banyak waktu untuk lebih banyak berkreasi, khususnya untuk menjalankan bisnis yang telah coba aku geluti sejak paruh kedua tahun 2009 ini. Sementara fokus dulu sebagai pedagang pulsa dan distributor makanan level kos-kosan, mungkin bertambah ke pengumpul barang bekas dan musisi atau penulis bayaran. Dan aku menargetkan, sebelum lulus nanti, aku sudah harus punya penghasilan minimal 1 juta rupiah per bulan. Insya Allah…

 

  1. Kemampuan berbahasa juga harus ditingkatkan. Insya Allah tahun ini Les Prancis di LIP bisa selesai sampe level 6. Selanjutnya di-improve dengan ngambil kelas conversation atau sering-sering berbahasa Prancis dengan temen-temen LIP yang cacingan semua. Sementara untuk Les Jepang, mungkin hanya cukup untuk level 5 dulu. Tapi tetep bisa dikembangin dengan dengerin lagu-lagu Jepang atau dari kartun-kartunnya. Sedangkan bahasa Inggris ku yang nilai TOEFL-nya cuma 487 di bulan Juli 2006, bisa diasah sendiri dengan banyak nulis artikel dalam bahasa Inggris, dengerin lagu-lagu luar atau latihan ngobrol/chatting sama orang luar.

Nambah 1 bahasa lagi? Waduh, ntar dulu deh ya…

  1. Dakwah harus tetep jalan donk. Karena aku bukan tipe orang yang pandai mengompori lewat lisan, jadi biarkan jari-jari ini bergerak di atas keyboard untuk menuliskan ilmu dan informasi lewat tulisan. Tulisan yang insya Allah bisa membentuk pola pikir mereka yang membacanya. Bukan begitu?

 

  1. Tahun kemaren, udah puluhan buku yang aku baca dimana sebagian besar berfokus tentang dunia politik dan agama. Tahun ini harus lebih banyak lagi, namun fokusnya mungkin sedikit diubah, yaitu tentang ilmu-ilmu kenukliran, bisnis dan agama.

 

  1. Nah kan insya Allah tahun ini udah lulus, terus mau kerja dimana? Sejatinya aku lebih tertarik untuk mencari uang dengan caraku sendiri. Yang pertama bisa dengan berdagang, karena kalo kata Rasulullah, 9 dari 10 pintu rezeki kan adalah dengan berdagang. Yang kedua yaitu dengan menjual diri. Eits, jangan keburu berprasangka positif dulu! Bukan menjual diri dalam arti melacurkan diri kaya mereka yang di Sarkem, Saritem, Parung, Dollywood, atau Hayam Wuruk (weits, apal banget!). Tapi menjual diri dalam arti menjual keahlian yang ada pada diri seekor C-Kink. Apa aja itu? Insya Allah itu adalah menulis dan bermusik. Jadi kalo kamu butuh seorang penulis atau butuh seorang gitaris plus bassis yang bisa nyiptain lagu sendiri, silahkan hubungi 085691013852 atau c_kink_noa_zoro@yahoo.com . Huehehehe langsung promosi!

Tapi kalaupun ternyata harus bekerja, ya nggak ada pos yang aku incar selain Pegawai BUMN. Dan, PLN adalah salah satunya, demi mewujudkan cita-cita PLTN untuk Indonesia!

  1. Nikah? Haduuuuh nampaknya mesti ditunda lagi nich. Niat sih udah ada dari lulus SMA, tapi kata mama: “Pokoknya sebelom kamu lulus, sebelom mapan dan punya penghasilan sendiri, jangan nikah dulu yaaaa…” . Oke Ma, siap laksanakan!

 

10.  Jangan lupa, kehidupan yang sebenernya itu ada di akhirat nanti. Jadi tahun ini harus lebih “aware” lagi dengan hari-hari yang kita disunnahkan untuk puasa. Bisa puasa Daud, puasa Senin-Kamis, puasa 3 hari tiap awal bulan atau puasa di hari-hari istimewa. Oke oke oke?

Serta jangan lupa, harta yang kita miliki sesungguhnya bukanlah harta yang ada di dompet atau di rekening tabungan kita, melainkan adalah harta yang kita sedekahkan kepada mereka yang membutuhkan. Dan karena sekarang aku udah punya penghasilan sendiri biarpun masih se-iprit, targetnya setiap hari harus bersedekah. Tancap gan!

11.  Hadoooooh apalagi yah? Ada yang bisa bantu kasih masukan?

Okelah kalo beg beg beg beg begitu… Mungkin segini dulu aja yah. Buat temen-temen yang pengen kasih masukan, hal-hal apa aja yang harus dilakukan C-Kink di tahun ini, silahkan segera disampaikan. Terima kasih atas perhatiannya, kita ketemu lagi entah kapan dan dimana. Dadaaaaaah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s