IklanPositif

Akhir-akhir ini mataku yang minus 3,5 kanan-kiri disibukkan oleh secuil iklan yang menghiasi layar kaca. Iklan sebuah produk minuman, tepatnya produk teh hijau. Nggak perlu disebut merknya ya, kita sebut saja produknya dengan nama produk “X” (bukan nama sebenarnya). Kenapa mataku yang beautiful ini disibukkan dengan iklan tersebut? Kita cari jawabannya pada paragraf seelah ini.
Dari sekian ribu atau mungkin jutaan iklan produk komersial yang ada, entah mengapa sebagian besar itu lebih menitikberatkan pada unsur “menarik” dan “komersil”, sehingga secara umum mengabaikan nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya. Nggak peduli gimanapun caranya dan apapun kemasannya, yang penting produknya laris terjual. Bukan begitu, wahai Bapak-Bapak kapitalisme? Ups…
Hal itulah yang tidak aku temukan pada iklan produk X ini. Alhamdulillah, terima kasih kepada Bapak-Bapak tim kreatif produk X yang masih memiliki ide positif dalam iklan tersebut. Kalo cuma 1 iklan mungkin masih wajar dan nggak perlu dibahas. Tapi ini udah ada 2 iklan yang membawa nilai positif, jadi niat baik dan konsistensi itu udah mulai terllihat. Emang iklannya kaya gimana? Yuk kita bahas yuk…

Iklan pertama. Mau tau tentang iklan pertama ini? Tekan tutsnya dan mainkan!

Iklan pertama, ceritanya begini. Settingannya adalah ruang kelas. Ada seorang murid (atau mahasiswa) yang hendak melakukan ujian. Layaknya anak Indonesia pada umumnya, bukan hal yang aneh jika persiapan sebelum ujian bukanlah belajar atau latihan mengerjakan soal, melainkan menyiapkan segala properti yang dapat digunakan untuk nge-bet (bahasa Jawanya: ngerpek, atau menyiapkan contekan). Bener gitu kan? Hayooooo ngaku! Hal itu juga terjadi pada si tokoh di iklan ini.
Sebelum ujian dimulai, dia meminum sebotol minuman produk X ini. Setelah minum, dia pun langsung bertindak di luar kewajaran anak Indonesia pada umumnya. Apa itu? Secara spontan, dia langsung mengeluarkan segala properti contekan yang dia punya! Bahkan digambarkan ada juga tuyul yang ngumpet samibil membawa laptop!
Iklan berakhir disitu. Menceritakan tentang seorang murid yang awalnya berniat nge-bet pada waktu ujian, lalu dia minum minuman X itu, dan kemudian dia mendapat “ilham” untuk berlaku jujur dalam ujian, dengan cara mengeluarkan semua ke-bet-an yang telah dia siapkan untuk ujian tersebut.
Secara tidak langsung, produsen minuman X ini ingin menggambarkan bahwa dengan meminum produk X tersebut, maka otak dan hati kita akan segera bersih dari hal-hal yang kotor. Sesuai dengan slogannya, “Bersihkan Hati dan Pikiranmu!”

Dapatkah kita menangkap maksud dan pesan positif dari iklan tersebut? Kalo masih belum, kita lanjut ke iklan yang kedua. Tarik Maaaang!!!

Iklan kedua. Setting suasana di pedestrian. Seorang pemuda sedang duduk di bangku taman seorang diri. Lalu dari kejauhan datang seorang perempuan yang digambarkan sebagai perempuan yang cantik dan seksi, terlihat dari tampilannya, baju putih ketatnya dan rok pendek seatas lutut yang berwarna pink. Dia berdiri di pinggir jalan menunggu kendaraan. Mata laki-laki mana yang nggak menoleh melihat rezeki kaya begitu, termasuk mata si pemuda yang lagi duduk di bangku taman ini.
Kemudian masih dengan mata terpaku pada perempuan tersebut, si pemuda meminum produk X ini. Saat meminumnya, si pemuda melihat ke arah perempuan tadi dan tiba-tiba rok pendek perempuan tersebut berubah menjadi panjang hingga menutupi betisnya!
Si pemuda menghentikan minumnya, dan rok perempuan itu kembali pendek seperti sedia kala. Lalu dia minum produk X miliknya, dan sekali lagi, rok si perempuan menjadi panjang kembali. Super sekali! Si pemuda tersenyum melihat apa yang dialaminya.
Itu kira-kira gambaran mengenai iklan yang kedua. Sekali lagi, secara tersirat ingin mengatakan bahwa dengan meminum produk X ini, maka otak dan pikiran kita yang terbiasa dengan hal-hal yang kotor akan dimurnikan dan menjadi bersih kembali. “Bersihkan Hati dan Pikiranmu!”

Setelah membaca 2 contoh iklan diatas, mungkin banyak yang sudah bisa menerka kira-kira produk apakah yang dimaksud. Tapi disini aku nggak mau menyebut merknya, ntar itu sama aja jadi promosi gratisan. Enak aja gratisan, emangnya akika cowo gratisan bo? Gag banget deh yey…
Cuma sekedar intermezzo aja, Alhamdulillah di tengah kehidupan yang semakin komersial dan kapitalis ini, masih ada produk komersial yang memberikan nilai positif di dalamnya. Saat iklan produk minuman lainnya berlomba-lomba meng-imej-kan dirinya sebagai minuman yang menyegarkan atau untuk mengembalikan kondisi tubuh, produk X ini telah mampu berpikir lebih maju dengan cara: tidak hanya menyegarkan dan mengembalikan kondisi tubuh, tapi juga membersihkan hati dan pikiran. “Bersihkan Hati dan Pikiranmu!”
Intinya, atas nama pribadi aku ingin mengucapkan terima kasih kepada tim kreatif produk X ini yang telah membuat iklan bernuansa positif. Semoga iklan kaya gini bisa memicu penjualan produknya. Dan semoga ke depannya produk-produk lain bakalan ikutan membuat iklan positif, sehingga dunia televisi yang hari-hari ini lebih banyak diisi dengan SAMPAH, secara perlahan tapi pasti mulai beranjak menuju kotak ajaib dengan konten yang penuh manfaat. Semoga…
Satu lagi, aku merasa iklan positif kaya gitu udah mulai punya efek bagi para konsumennya. Apa buktinya? Buktinya adalah, kalo besok aku kehausan dan mampir ke warung atau toko kelontong, mungkin produk itulah yang bakalan aku beli! Huohohohoho…

2 Comments Add yours

  1. finarukawa says:

    setuju!
    apapun yg ditampilkan di tv kan harusnya mendidik..bukan cuma komersil nyari uang doang…
    btw, ak kok ga pernah liat iklannya ya?

  2. ckinknoazoro says:

    oui, je suis d’accord! c’est tres bien!

    yah coba aja pantengin tivi. jangan sinetronnya yang ditonton, tapi iklannya ajah. huehehe… dulu sih aku sering liat iklannya pas lagi acara happy song di indosiar. ups nyebut merek!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s