PartaiApaYa

 

“Kuesioner.

Insya Allah pemilu akan diadakan tanggal 9 April besok. Kira2 partai manakah yang cocok dengan karakter dan kepribadian seekor C-Kink?

Ditunggu jawabannya ya.

(mau jawab golput juga boleh)”

 

Sebait tulisan di atas bukanlah sebuah kalimat bijak, bukan nyanyian lirik lagu, bukan pidato Pak RT, juga bukan tangisan anak kecil. Tulisan di atas adalah sebuah sms yang gue kirimin ke temen2 gue beberapa hari menjelang pemilu legislatif 2009.

Pemilu kali ini adalah pemilu nasional pertama yang gue ikutin. Kalo pemilu kecil2an mah udah sering, di UGM sini kan tiap taunnya ada pemilu: Pemilihan Raya BEM KM UGM, Pemilu Fakultas Teknik dan Pemilu Keluarga Mahasiswa Jurusan Teknik Fisika. Tapi kalo untuk tingkat nasional yang terdaftar secara resmi di administrasi negara, belom pernah tuh.

Dulu waktu pemilu 2004, umur gue baru 15 taun, jadi gue belom punya hak suara. Waktu Nurmahmudi Ismail bersaing ngelawan Badrul Kamal buat jadi walikota Depok, umur gue juga cuma kurang beberapa bulan untuk terdaftar sebagai pemilih. Umur gue udah cukup waktu Fauzi Bowo saingan sama Adang Daradjatun buat jadi Gubernur DKI, tapi karena gue bukan orang Jakarta, ya gue nggak ikutan milih. Dan terakhir waktu PilGub Jawa Barat yang dimenangin Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf, gue juga nggak ikutan milih soalnya gue berdomisili di luar Jawa Barat. Jadilah pemilu legslatif 2009 ini adalah yang pertama kalinya.

Di pemilu ini kita bakal dihadapin dengan puluhan partai. Beraneka gambar yang jadi logonya, bermacam warna yang jadi latarnya. Tiap partai punya karakteristiknya masing2, meskipun ada beberapa diantaranya yang sama aja dan nggak jauh beda dengan partai2 lainnya.

Menjelang pemilu, gue jadi kepikiran buat ngeliat tanggapan orang2. Menurut mereka, kira2 kepribadian dan karakteristik gue ini identik dengan partai apa ya? Jadilah H-2 sebelom pemilu gue ngetik sms yang isinya sebagaimana tertulis di awal tulisan ini. Dan sms itu gue kirimin ke hampir semua nama yang ada di phone book HP Nokia 6681 gue, yang make nomor Im3 di dalemnya.

Gue sengaja make yang Im3 ini, soalnya kalo pagi Im3 kan gratis 100 sms ke semua operator setelah kirim 10 sms. Kalo malem juga, gratis 10 sms setelah kirim 10 sms. Makanya ayo kita pake Im3, kan bintang iklannya Asmirandah gitu loh… (penting ya???)

Selama 2 hari itu, sebelom jam 12 siang gue ngirim sms tersebut ke hampir semua phone book gue. Phone book gue itu total isinya ada +-320 nama. Jadi kita anggap aja sms itu gue kirim ke lebih dari 250 orang responden. +-70 orang yang nggak gue kirimin sms adalah mereka2 yang gue rasa nggak begitu kenal sama gue, tapi nomornya ada di phone book gue. Contoh: Bapak2 Dosen, temen2 dari Universitas/Fakultas lain yang pernah main2 ke BEM KMFT, tukang kredit, para penagih utang, dll.

Akhirnya gue kirimlah sms dengan redaksi seperti tertulis di atas. Nggak lama kemudian, sms2 balesan dari para responden mulai berdatangan. Criiiing… Criiiiing… New message… New message…

Selama 2 hari tersebut, HP gue baterenya suka cepet abis, gara2 dipake buat ngirim puluhan sms dalam satu waktu dan juga buat nerima puluhan sms balesannya. Semua sms yang masuk langsung gue salin ulang di laptop, buat jadi arsip di masa depan nanti.

Kemudian setelah 2 hari yang melelahkan, sms2 balesan tersebut mulai berhenti. Setelah gue rekap dan gue utak-atik, ternyata total ada sekitar 89 orang yang bales sms gue. Diawali dari salah seorang mahasiswa Teknik Nuklir 2006 dan diakhiri oleh mahasiswa Teknik Nuklir 2005. Meskipun ada 89 orang responden, tapi ada beberapa responden yang ngasih jawaban lebih dari satu. Karena gue nggak tau harus mengeliminir jawaban yang mana, ya jawaban mereka yang lebih dari satu itu tetep gue masukin semua. Jadilah total ada sekitar 100 jawaban yang masuk.

Meskipun demikian, nggak semuanya ngasih jawaban. Dari 100 tersebut, ada beberapa yang dengan konkrit nyebut nama partai, ada beberapa yang nggak ngasih jawaban konkrit dengan nggak nyebut nama partai. Malah ada beberapa juga yang ceramah. Gue jadi dapet sms2 Tausiyah gitu. Ketik REG(spasi)TAUSIYAH kirim ke 9090. Sms yang kamu dapet langsung dari operatornya lho…!

Oke deh, tanpa banyak omong lagi, mungkin lu semua pada penasaran gimana hasil dari kuesioner tersebut. Jadi sebelom badan gue makin kurus, berikut ini gue sajikan hasil dari kuesioner tersebut. Monggo Mas…

 

Dari 100 tersebut, data responden yang ngasih jawaban dan nggak ngasih jawaban konkrit adalah:

 

Ngasih jawaban

79

79.00%

Nggak ngasih jawaban

21

21.00%

Total

100

100.00%

 

(Sebenernya sih gue pengen nampilin diagramnya juga biar keren kaya di koran2. Tapi karena gue nggak tau gimana cara nampilinnya di sini, jadi nggak usah aja ya… Aduh malu gue ketauan gapteknya…)

Dari 79 yang ngasih jawaban, data responden yang menjawab dengan nama partai dan yang menjawab dengan pilihan golput adalah:

 

Milih partai

68

86.08%

Golput

11

13.92%

Total

79

100.00%

 

Lalu dari 68 yang tersisa, berikut ini adalah hasil kuesioner mengenai partai2 yang dimaksud:

 

Partai Buruh

1

1.47%

PPM

6

8.82%

Gerindra

3

4.41%

PKS

29

42.65%

Demokrat

4

5.88%

PDIP

2

2.94%

Golkar

5

7.35%

PAN

3

4.41%

Hanura

2

2.94%

PPD

1

1.47%

PDS

3

4.41%

Partai Ngasal

9

13.24%

Total

68

100.00%

 

Dan kalo data diatas kita urutin dari yang terbesar, hasilnya adalah:

 

1

PKS (Partai Keadilan Sejahtera)

29

42.65%

2

PPM (Partai Pemersatu Mahasiswa)

6

8.82%

3

Golkar (Golongan Karya)

5

7.35%

4

Demokrat

4

5.88%

5

Gerindra (Gerakan Indonesia Raya)

3

4.41%

6

PAN (Partai Amanat Nasional)

3

4.41%

7

PDS (Partai Damai Sejahtera)

3

4.41%

8

PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan)

2

2.94%

9

Hanura (Hati Nurani Rakyat)

2

2.94%

10

Partai Buruh

1

1.47%

11

PPD (Partai Persatuan Daerah)

1

1.47%

12

Partai Ngasal

9

13.24%

 

Total

68

100.00%

 

Hohohohoho… Akhirnya ketauan deh… Gitu kira2 pendapat para responden tentang kepribadian dan karakteristik gue ini yang kiranya cocok dengan partai mana. Gue nggak membenarkan hasil tersebut dan juga nggak menyalahkannya, soalnya ini semua kan bebas nilai.

Terus berdasarkan hasil diatas, apakah artinya gue bakal memilih untuk nyoblos eh nyontreng Partai Kebanyakan Singkatan tersebut di pemilu nanti? Nggak tau yaaaaa, jangan ge-er dulu donk… Hanya bilik suara dan bolpen merah itu yang tau jawabannya. Ihihihihi…

 

Kalo diliat, posisi kedua ditempati oleh PPM alias Partai Pemersatu Mahasiswa. Mungkin banyak lu2 semua yang bingung, PPM itu di surat suara dapet nomor urut berapa?. Ya wajar lah kalo pada bingung, mau dicari sampe sudut mana pun juga nggak bakalan ketemu. Soalnya PPM bukanlah partai tingkat nasional, tapi cuma partai lokal. Loh berarti partai lokal yang ikut pemilu di Aceh? Nggak juga, lingkupnya masih terlalu luas. PPM hanyalah sebuah partai lokal di lingkup Fakultas Teknik UGM, sebuah partai dengan lambang segi lima warna biru muda serta ada bintang warna putih di tengahnya. Sebuah partai yang gue bikin di taun 2008 dan gue sendiri yang jadi Ketua Umumnya. Hohohohoho…

Terus juga, ada jawaban “Partai Ngasal” di pilihan di atas. Maksudnya Partai Ngasal adalah partai2 yang dijawab secara asal2an, alias partai yang sampe jaman Firaun main facebook pun nggak bakal ditemuin keberadaanya, kecuali kalo mereka2 sendiri emang pengen ngebikin partai tersebut.

Berikut ini adalah jawaban untuk partai2 ngasal:

 

Partai Sayang Akhwat

1

11.11%

Partai Menantu Idaman

1

11.11%

Partai MnG

1

11.11%

Partai Dendam Asmara

1

11.11%

Kalkulus

1

11.11%

Partai Gembel Tai

2

22.22%

Partai Saya Cantik

1

11.11%

P2GAB

1

11.11%

Total

9

1

 

(*Partai Gembel Tai = Partai Gerakan Pembela Tanah Air Indonesia

*P2GAB = Partai Peduli Gizi Anak Bangsa

*Kalkulus = Nama mata kuliah)

 

Yah, begitulah kira2 hasil dari kuesioner selama 2 hari ini. Nggak ada kebenaran dan kesalahan disini, soalnya ini kan sifatnya bebas nilai. Semoga kuesioner ini bisa menginspirasi kita untuk membuat tulisan2 yang lebih kreatif dan inovatif lagi ke depannya. Amiiiin…

 

Sebagai bonus berikut ini gue sertakan juga jawaban beberapa dari para responden gue, yang kiranya cukup menarik untuk ditulis disini. Tapi mohon maap, namanya gue rahasiain, soalnya kerahasiaan klien adalah amanah yang harus dijaga. Cieh gaya gue kaya konsutan pipa ledeng aja… (eh nggak nyambung ya?)

Plus, gue tulisin juga komentar gue terhadap jawaban mereka, gue tulis di dalem kurung dan dimiringin, alias di-italic.

Here they are! Voila! Hon no kimochi!

 

Pertanyaan:

 

“Kuesioner.

Insya Allah pemilu akan diadakan tanggal 9 April besok. Kira2 partai manakah yang cocok dengan karakter dan kepribadian seekor C-Kink?

Ditunggu jawabannya ya.

(mau jawab golput juga boleh)”

 

Jawaban:

 

Mahasiswi, 23, Depok

“Geerrrrindraa (baca dengan nada suara yang misterius dan mistik)”

 

(Buajigur… mentang2 gue cadel…)

 

Mahasiswa, 19, Jogja

“Pasti Kamu Suka Partai Kebal Sogokan ya kan?”

 

(Wah, korban iklan)

 

Mahasiswa, 21, Jogja

“Fitrahnya laki2 itu suka PKS (Perempuan Kerudungan dan Sholehah). Perempuan suka PKS (Pria Kuat dan Soleh). Udah nikah harapannya PKS (Pastikan Keluarga Sakinah). Punya anak harapannya PKS (Pintar Kreatif dan Soleh). Udah tua inginnya PKS (Punya Keturunan Sukses). Di akhirat harapannya PKS (Pertemuan Kembali di Surga).

Tapi semuanya kembali ke C-Kink aja, partai mana yang kira2 bisa mewakili visi C-Kink. Yang mana orang yang visinya bukan sekedar cari uang, tapi untuk mengabdi… Allahu a’lam”

 

(Dasar Partai Kebanyakan Singkatan!)

 

Siswi SMA, 17, Depok

“Partai Dendam Asmara”

 

(Lu kali yang dendam gara2 asmara lu gue tolak mulu? Hohohoho…)

 

Mahasiswa, 21, Jogja

“Pemimpin yang memperjuangkan sistem Islam. Ingat saudaraku bahwa kau akan berakad wakalah perkara ushul (akidah), membuat hukum. Kita yakin bahwa setiap perbuatan ada hisabnya. :-)”

 

(Ketauan deh ini orang berafiliasi nya sama mahdzab apa… Tapi setiap kewajiban yang nggak kita perbuat juga ada hisabnya kan? 🙂 )

 

Mahasiswi, 19, Jogja

“Waduh… Sayang sekarang udah hari tenang tuh, nggak boleh saling mempengaruhi 😀 Kalo pernah denger Mas punya cita2 menyatukan negara2 Islam di dunia, berarti partai Islam. Terus partai Islam yang kaya gimana? Yang selama ini santun berpolitik, belom pernah denger ada anggota legislatifnya di DPR yang kena korupsi (insya Allah), yang nggak kampanye tolol pake goyang erotis, yang nggak didominasi muka2 lama dan orang2 sepuh yang harusnya udah gendong cucu di rumah, yang nggak asal comot jadiin caleg (ada kaderisasi yang rapi), kalopun yang kusebut di atas nggak ada, paling nggak ya mendekati lah… Walaupun menurutku ada, tapi lagi2 karena udah hari tenang nggak boleh sebut merk… =) (boleh nggak setuju)”

 

(Iya iya, kami tau maksud Anda)

 

Perawat, 24, Bekasi

“Begini ney kalo caleg stress… Hwahaha…”

 

(Lebih stress lagi kalo punya temen kaya elu…)

 

Mahasiswi, 20, Depok

“Aagghh… Berhubung C-Kink itu busung lapar… Dan yang mau memperjuangkan pangan buat C-Kink itu partai GOLKAR… Hahahaha…”

 

(Gue bukan busung lapar, gue cuma cacingan. Adakah partai yang misinya memberantas cacingan di bumi nusantara?)

 

Mahasiswa, 21, Jogja

“Mungkin 8, tapi kayaknya 9, bisa juga 23, 31 juga cocok, 5 mungkin tepat, 1 kira2”

 

(Orang kaya gini ini yang bikin bangsa kita nggak maju2… Hohoho…)

 

Mahasiswa, 21, Jogja

“31, LANJUTKAN!!!”

 

(Weits awas Mas, jigongnya muncrat!)

 

Mahasiswa, 21, Jogja

“Partai Keren Sekali, Pojok Kanan ataS, Partai Kita Semua,  Partai Keadilan, Sejahtera, bersih, peduli dan profesional. Jangan lupa! Contreng sekali aja!”

 

(Ih malah kampanye…)

 

Mahasiswa, 20, Jogja

“Kink mari kita buat DPR bersih… Pilih yang sesuai hati nuranimu demi terciptanya keadilan sejahtera untuk wonk cilik… Ingat ini salah satu amanat nasional… Kalo aku sih pilih pojok kanan atas yang warna putih polos tanpa warna lain gitu deh”

 

(Maksudnya apa nih?)

 

Mahasiswa, 19, Jogja

“Kalkulus”

 

(Tabahkan hatimu Nak… UTS Kalkulus memang menyulitkan, tapi nggak perlu sampe berhalusinasi gitu donk, emang ada partai kalkulus?)

 

Mahasiswi, 20, Jogja

“PPM Mas! Hidup PPM. Hehehehe”

 

(Ini baru kader PPM yang setia… Hihihi…)

 

Mahasiswi, 21, Bogor

“Partai yang cocok sama kepribadian lu itu PDIP, selain mirip sama simbolnya, lu juga sepertinya fans berat Megawati :-D”

 

(Muke gile… Gue fansnya Asmirandah bo…)

 

Mahasiswa, 20, Jogja

“Partai Persatuan Daerah namanya mirip Partai Persatuan Mahasiswa… ^^”

 

(Partai Pemersatu Mahasiswa kaleee…)

 

Mahasiswi, 21, Jogja

“Golkar (Golongan nggak karuan…) Hahahahahaha atau mungkin cari aja yang ketuanya mirip Nicholas Saputra! Hehe”

 

(Partai yang ketuanya mirip Nicholas Saputra berarti PPM donk, kan aku ketuanya? Heuheu…)

 

Mahasiswi, 19, Jogja

“Aku sendiri aja nggak tau 38 partai tuh apa aja… Terus kaya apa… Jadi… Hmm… Pilih sesuai feeling Mas aja… He…”

 

(Aduh Anak muda, betapa sia2 usaha Depkominfo dan KPU untuk menyoliasisasikan pemilu selama 1 taun ini… Padahal aku juga nggak apal semuanya. Hehehe)

 

Karyawati, 21, Depok

“Egp…”

 

(Ini pasti partainya Maia Ratu ya… Emang gue pikirin…)

 

 

Mahasiswi, 19, Depok

“Udah lu golput aja… Dodolipet lu… Telpon Esia gue donk cinta… Kangen nie”

 

(Eh buset, kok malah minta ditelpon? Astagfirullah…)

 

Mahasiswa, 19, Jogja

“Kalo aku mending golput, males milih nggak ada yang tepat. He…”

 

(Kalo disuruh milih calon istri mau nggak?)

 

Mahasiswa, 20, Jogja

“Menurut Hati Nurani Mahasiswa yang ingin mewujudkan Indonesia Raya demi masyarakat Adil dan Sejahtera maka jangan pilih partai yang jelas2 sudah gagal membangun negeri ini”

 

(Dasar mahasiswa jaman sekarang, kebanyakan retorika)

 

Mahasiswi, 20, Jogja

“Berhubung aku nggak nyontreng karena nggak masuk DPT, jadi maap aku nggak bisa kasih sugesti…”

 

(Aku nggak butuh sugesti, aku cuma butuh kasih sayang. Hueeeek hueeeeek cuiiiih…)

 

Mahasiswa, 21, Jogja

“Sorry baru bales… Ah pake minta saran segala, nggak usah gue saranin lu paling milih yang “itu” kan… Mau lu gue saranin suruh pilih PDS… Hahahaha…”

 

(Ini mah maling teriak maling… Ayo ngaku! Hehehe…)

 

Mahasiswa, 20, Jogja

“PPM Kink, lo banget. Kalo Nasikun gue nggak yakin kayanya sih PAN kali ya? Kalo gue apa?”

 

(Kamu pantesnya Partai Rujak aja, kalo diterjemahin ke bahasa Inggris: Rujak Party!)

 

Mahasiswi, 20, Jogja

“Golput, tapi nggak terlalu radikal. Hoho… B-)”

 

(Berarti golput yang lemah lembut dan kemayu kaya putri Solo ya?)

 

Mahasiswa, 22, Jogja

“Menurutku kalo kamu masih nggak masalah sama namanya demokrasi Islam atau Islam Pancasila, pilihan buat partai yang pake embel2 Islam juga sama aja kok… Itu menurutku lho”

 

(Jadi intinya apa?)

 

Mahasiswi, 20, Jogja

“Maaf Mas baru bales soalnya baru isi pulsa setelah satu hari nggak terisi. Aku tebak ya Mas pilih partai apa? Kalo partai PKS bener nggak Mas? ^^”

 

(Jadi secara nggak langsung kamu pengen bilang: “Mas isiin aku pulsa donk…” Hohoho…)

 

Mahasiswa, 20, Jogja

“Jawaban kuesioner C-Kink: Aku nggak tau karakter dan kepribadianmu. Karena kamu punya kepribadian ganda (mungkin lebih). Jadi aku nggak tau partai mana yang cocok. Tapi kalo golput, nggak cocok buat setangkai C-Kink. ^_^v Piss…”

 

(Iya, nggak ada Partai Ganda Campuran sih ya…)

 

Mahasiswa, 21, Depok

“Eh tau nggak? SBY itu PKS: Presiden Keren Sekali. Megawati juga PKS lho: Putri Keluarga Soekarno. Gus Dur juga PKS: Priyayi Kalangan Santri. Jusuf Kalla juga PKS: Putra Kelahiran Sulawesi. Dan yang paling mengejutkan, Rasulullah juga PKS lho: Panutan Kita Semua… Kamu PKS juga kan?”

 

(Aduh, bener2 dah ini orang kadernya Partai Kebanyakan Singkatan ya? Hati2 jangan jajan sembarangan ntar kena PKS, Penyakit Kemaluan Sipilis)

 

Mahasiswa, 20, Depok

“PKS, secara kita sama2 di liqoin sama mereka. Secara mereka juga paling bersih diantara partai2 gajebo.”

 

(Whoooaaa… Ketauan deh… Hohoho… Eh tapi kenapa juga ini gue publikasiin ke umum ya?)

 

Karyawan, 20, Depok

“Wah Kink, gue aja nggak tau ada partai apa aja… Ada berapa partai pun nggak tau… Jadi menurut lu, mending gue ngapain pas pemilu? Hehehe…”

 

(Pemilu kan libur tuh, mending lu ke kosan gue aja sini, nyuciin mobil sama nguras bak mandi. Heuheu…)

 

Mahasiswi, 21, Depok

“Partai Peduli Gizi Anak Bangsa (P2GAB)”

 

(Gue maunya Partai Peduli Anak Cacingan…)

 

Mahasiswi, 19, Jogja

“Maaf Mas baru bales. Esiaku tadi mati…Wah… Jangan golput Mas… Hehe… Kalo Mas bisa milih ya pilih aja, kalo bingung mending wakilin suaraku… Pilih PAN aja Mas… Hahaha…”

 

(Siap…! Hidup adalah perbuatan…)

 

Mahasiswa, 20, Jogja

Alangkah baiknya hal itu dikembalikan ke HAti NURAni Mas sendiri, seberapa tingkat ketahuan Mas dengan para partai. Kalo boleh saran pilihlah partai yang mampu bergerak tanpa harus adanya perintah dari pusat, mengedepankan nasionalisme dan mempunyai agenda yang real bagi negara ini, maka jangan tanggung2 dan bingung2, contreng partai HANURA nomor 1. Suara Anda sangat berarti bagi kelangsungan negara ini!

 

(Waaaaaah kampanye…!)

 

Mahasiswi, 19, Jogja

“Ini nomernya C-Kink ya… Hee, nggak tau… Buat aku sendiri aja masih bingung milih apa… *tidak membantu*. Hehew…”

 

(Oh bukan Mbak, Anda salah sambung. Ini nomornya Nicholas Saputra)

 

Mahasiswi, 21, Jogja

“Tulis nama kamu di tempat yang tersedia, terus contreng deh…”

 

(Ini yang ngaco gue apa dia ya?)

 

Mahasiswa, 22, Jogja

“Hanya 2 yang tau apa isi hati… Dia sendiri dan Rabbnya yang lebih tau makhluk dari pada makhluk itu sendiri”

 

(Amiiiiin… Jadinya pilih partai apa?)

 

*Tambahan:

Sebagian besar orang bilang kalo gue identik dengan Pemuda Kurus dan Seksi itu. Ketika gue tanya, kenapa kok bisa mengidentikkan gue dengan pantai ParangKuSumo, salah satu responden ngejawab:

“Mas C-Kink kan seorang ikhwan, sepertinya identik sama PKS^^. Maaf lho Mas sama tebakan ku ini^^.”

Iya iya, dimaafin kok… Hehehehe…

  

 

2 Comments Add yours

  1. Mahasiswi, 19, Depok

    “Udah lu golput aja… Dodolipet lu… Telpon Esia gue donk cinta… Kangen nie”

    ahhh noooaaaaa…. ko dipublikasiin siyh? kan maluyyy…

    nt di depok kink? nomor lo berapa?
    besok anak2 mau ke grand indonesia (sabtu) ikut ya cuy

    assalam

  2. ckinknoazoro says:

    ada apa di grand indonesia? kapan? akika lagi di jogja bo… emang ada apaan disana?

    085691013852

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s