TipeMahasiswaApakahKamu

Kemaren gue dapet pengalaman menarik. Dalam rangka sekolah kaderisasi BEM KMFT UGM yang merupakan rangkaian acara open recruitment limited edition, tiap anggota baru yang terbagi dalam kelompok2 diwajibkan untuk nampilin sebuah drama. Dan gue yang kebetulan adalah satu2nya angkatan 2006 yang nongol di acara itu, akhirnya didapuk oleh panitia untuk jadi juri di pementasan drama ini, ber-4 bareng 3 orang temen gue lainnya yang semuanya angkatan 2007. Gue doang yang tua sendiri. Tapi gue doang yang paling imut sendiri…

Di salah satu pementasan drama itu ada yang menarik, yaitu tentang debat antar bermacam tipe2 mahasiswa. Jadi, masing2 mahasiswa dengan karakteristiknya masing2 memperdebatkan keyakinannya bahwa tipe mahasiswa seperti mereka lah yang terbaik.

Ada 4 tipe mahasiswa yang diutarakan disitu, yaitu:

1. Mahasiswa Kupu2

Kalo yang ini paling udah pada tau kan ya. Mahasiswa Kupu2 alias mahasiswa yang kerjaannya cuma KUliah-PUlang KUliah-PUlang, makanya dinamain Kupu2. Sekalipun kadang2 suka gue plesetin, Kupu2 disini kepanjangannya adalah KUliah-PUsing KUliah-PUsing.

2. Mahasiswa Kura2

Nah yang ini agak baru nih. Kura2, apaan tuh? Mahasiswa Kura2 adalah mahasiswa yang hobinya rapat dan berorganisasi, sehngga dinamain Kura2, KUliah-RApat KUliah-RApat. Pilih kuliah apa rapat hwayoo?

3. Mahasiswa Kunang2

Mahasiswa Kunang2 bukanlah tipe mahasiswa yang kalo pagi kepalanya selalu berkunang2 gara2 begadang ngerjain soal, tapi adalah tipe mahasiswa yang selalu berkunang2 gara2 semaleman nggak tidur dan kelayapan kemana2. Nongkrong di mall, dugem, hang out, dll, Kunang2, artinya adalah mahasiswa yang KUliah sambil seNANG2, meskipun keliatannya lebih banyak porsi senang2nya.

4. Mahasiswa Kuda

Hah, kuda? Hieeeeeeek… Ini mahasiswa apa kuda? Jangan salah sangka dulu, definisi mahasiswa Kuda disini adalah KUliah sambil DAgang, alias mahasiswa yang punya jiwa entrepreneur yang tinggi. Sambil kuliah, sambil dagang. Apa yang diperdagangkan? Ya macem2, bisa makanan, aksesoris, alat tulis, bahkan contekan master laporan praktikum sekalipun. Jasa titip absen juga bisa diperdagangkan lho!

Itu tadi 4 tipe mahasiswa yang disebutin di salah satu pementasan drama di sekolah kaderisasi. Lumayan mbanyol juga sih, gimana kita disuguhi 4 tipe mahasiswa yang kesemuanya pada narsis dengan karakteristiknya masing2.

Pada akhirnya, gue selaku dewan juri diminta untuk ngasih komentar buat penampilan tim drama ini. Dari 4 tipe mahasiswa itu tadi, ternyata gue jadi terinspirasi untuk menambahkan tipe2 mahasiswa yang ada. Jadilah di sela2 komentar gue itu, gue sempilin tipe2 mahasiswa tambahan yang belom sempet disebut di pementasan tadi. Mereka adalah:

1. Mahasiswa Kuat

Definisi mahasiswa Kuat disini bukanlah mahasiswa yang bodinya berotot dan perutnya six pack kaya gue gini, tapi mahasiswa Kuat adalah mahasiswa yang KUliah tapi kepribadian dan kelakuannya kaya anak AuTis, suka petakilan nggak jelas. Kuat = KUliah-AuTis. Dan sedihnya, sebagian besar kader BEM KMFT UGM merupakan penganut aliran mahasiswa Kuat. Huiks huiks…

2. Mahasiswa Kultum

Mahasiswa Kultum. Apa kepanjangan dari Kultum? Kultum adalah KULiah Terserah antUM. Mau kuliah atau nggak kuliah, terserah antum. Jadi, hari ini mau masuk kuliah apa bolos aja nih? Ya terserah antum…

3. Mahasiswa Kuman

Mahasiswa Kuman, meskipun kedengerennya aneh, tapi harus diakui pasti ada tipe mahasiswa Kuman di sekitar kita. Emang kaya gimana sih tipe mahasiswa Kuman? Mahasiswa Kuman adalah mahasiswa yang dateng KUliah tapi belom MANdi. Jadi secara nggak langsung dia telah mendzhalimi temen2 sekelasnya dengan bau harum yang memancar semerbak dari tubuhnya itu.

4. Mahasiswa Kupret

Apa kepanjangan dari kata Kupret? Nggak ada kepanjangannya, kupret ya kupret. Jadi mahasiswa Kupret adalah mahasiswa yang Kupret. Kupret dasar!

Nah itu tambahan dari gue tentang tipe2 mahasiswa yang ada di sekitar kita. Pun setelah acara drama itu selesai dan ketika gue nulis tulisan ini, gue jadi kepikiran juga buat nambahin tipe2 mahasiswa lainnya.

1. Mahasiswa Kusen

Disadari atau nggak, mungkin ada banyak tipe mahasiswa Kusen disekitar kita. Mahasiswa Kusen adalah mahasiswa yang KUliahnya titip abSEN. Sebenernya mahasiswa kaya gini bisa dibilng makhluk ghaib, soalnya orangnya nggak nongol di kelas, tapi kok di absensi ada tanda tangannya ya?

2. Mahasiswa Kudis

Kudis, KUliah-DISiplin. Waouw, keliatannya keren juga nih tipe mahasiswa Kudis, mahasiswa yang kuliah dengan penuh kedisiplinan tinggi. Emangnya disiplin dalam hal apa? Ya nggak tau juga sih, mungkin disiplin nyontek tugas, disiplin nyalin laporan, atau disiplin titip absen. Bener2 disiplin!

3. Mahasiswa Kurus

Mau tau mahasiswa Kurus itu kaya gimana? Ya untuk tau contoh konkritnya, liat aja gue sendiri. Gue adalah tipe mahasiswa Kurus yang udah nggak perlu diragukan lagi. Emang mahasiswa Kurus maksudnya apa? Mahasiswa Kurus adalah mahasiswa yang memiliki berat badan dibawah garis kemiskinan, alias mahasiswa kurus kerempeng begeng jarang makan dan cacingan. Duh, melasnya nasibmu Nak…

Wokeh, itu tadi ada beberapa tipe mahasiswa yang gue tawarin disini. Kalo lu punya tipe mahasiswa versi lu sendiri ya silahkan ditambahin.

Mungkin ada tipe mahasiswa Kuburan, KUliah sambil liBURAN (kaya Nasikun di Korea). Mungkin ada tipe mahasiswa Kuntilanak, Kulah tapi udah punya anak. Mungkin ada tipe mahasiswa Kutu, KUliah dengan IP satU. Dan sebagainya.

Ayo sekarang kita coba bandingin, termasuk tipe mahasiswa yang manakah kita?

2 Comments Add yours

  1. Fauzi M says:

    aku termasuk MANTUL, mahasiswa bantul high quality..ehehe

  2. ckinknoazoro says:

    Mboten wonten. Wontene MATEK, mahasiswa sing arep matek. hihihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s