KampanyeTerselubung

Gue lagi buka inbox handphone Nokia 3510 gue yang umurnya udah 7 taun, yang gue isi nomor Simpati di dalemnya. Udah jadi kebiasaan gue untuk nge-refresh sms2 di inbox gue, supaya nggak kepenuhan. Sekaligus juga untuk nutupin jejak gue dari makhluk2 iseng yang hobinya buka2 inbox orang. Hohohoho…

Kalo kita kerja jadi agen (agen mata2 lho, bukan agen minyak tanah atau agen koran), secuil apapun barang bukti itu bisa menjadi senjata yang sangat berharga. Karena itulah kita harus memusnahkan segala barang bukti yang kita punya, sekecil apapun itu. Jadilah gue selalu ngapus2in sms di inbox gue beberapa menit setelah sms itu nyampe. Read it, understand it, remember it, then destroy it. So everybody won’t know what was happened.

Kalo gue lagi sibuk sampe nggak sempet ngapus sms, biasanya gue ngapusin nya malem2 sebelom tidur. Jadi inbox gue yang terakumulasi selama 1 hari itu gue musnahkan di malem harinya, supaya di keesokan hari muat untuk diisi sms2 lainnya. Tapi nggak semua sms gue apus2 sih. Sms2 yang bernilai, kaya sms informasi, sms motivasi atau sms jayus biasanya gue simpen dulu, buat arsip selama beberapa hari.

Kita balik lagi ke bahasan awal. Nah waktu gue lagi ngapus2in inbox gue itu, gue nemu salah satu sms kiriman salah seekor temen gue yang nggak perlu gue sebutin namanya disini, apalagi gue pajang fotonya. Temen gue ini ngingetin gue (dan semua orang yang dia sms-in) tentang pemilu legislatif yang akan berlangsung nggak nyampe 1 bulan lagi. Gini nih isi sms-nya, dengan penggunaan bahasa yang dah gue rapiin sesuai dengan EYD, Ejaan Yang Disempurnakan (kan gue patuh sama guru2 Bahasa Indonesia):

“Pemillu tinggal 25 hari lagi. Marilah kita berdoa semoga pemilu 2009 menjadi momen lahirnya pemimpin yang amanah dan semoga rakyat Indonesia terbuka hatinya untuk memilih wakil rakyat yang bersih, peduli dan profesional menuju Indonesia yang adil dan sejahtera.”

Sender:

15-03-2009

12:37:08

Nah gitu isi sms-nya.

Apakah ada yang aneh dengan sms di atas?

Sepintas, keliatannya sms itu fine2 aja kok, berisi tentang sosialisasi pemilu dan harapan2 dari pemilu 2009 ini.

Tapi coba diliat sekali lagi. Adakah yang janggal dengan sms itu?

Kalo lu ngerasa nggak ada yang janggal, ya nggak apa2. Kalo pun ternyata lu ngerasa ada yang janggal, juga nggak apa2. Kalo lu nggak mau baca tulisan ini pun nggak apa2. Dan kalo lu bingung gue lagi nulis apa, ya nggak apa2 juga. Gue juga bingung kok gue ini lagi nulis apa…

Tapi yang jelas, kalo lu semua pada nyadar, sms di atas itu nggak cuma berisi tentang sosialisasi pemilu, tapi ada 1 hal lagi yang diberitakan secara tersirat di sana.

Apa itu?

Itu adalah 1 hal yang bernama…

…KAMPANYE!

Hohohoho… Iya, kampanye. Ada unsur kampanye di sms itu, kampanye yang tersirat dan terselubung. Ayo coba diliat sekali lagi, dimana unsur2 kampanyenya?

Gue nggak mau ngasih tau disini, mana unsur2 kampanye di dalem sms tersebut. Kalo iya, ya berarti sama aja gue ikutan kampanye donk. Jadi biarlah lu sendiri aja ya yang nyari, gampang kok.

Lalu, apakah sms kaya gitu adalah sesuatu yang salah? Nggak tau juga sih, tapi kita nggak bakalan ngebahas antara salah dan bener disini. Ini cuma salah satu metode kampanye yang nggak spesifik, tapi terselubung. Kalo kata elit politik: kampanye cerdas. Meskipun gue juga nggak ngerti kampanye cerdas tuh maksudnya apa…

Oke, jadi kita akhiri aja tulisan ini segera. Mari kita bersiap2 menghadapi pemilu 2009 dengan tetesan darah dan air mata, karena gue percaya, jika kita (baca: Indonesia) terus menerus bertahan dalam sistem demokrasi dan pemilu seperti sekarang ini, maka keinginan untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik hanyalah sebuah MIMPI BELAKA!

NB: ada yang udah berhasil nemuin unsur2 kampanye di dalem sms tersebut?

2 Comments Add yours

  1. finarukawa says:

    Mas,, kalo nulis yg tuntas dong..
    penasaran tw…hwe..

    ak kok mikirnya semua harapannya mirip nama partai semua yah..? bener ga?

  2. ckinknoazoro says:

    ya gag apa2, emang pengen bikin para pembaca kok. hohohoho… ayo teruslah berpikir!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s