PidatoCabup

Pidato Calon Bupati Bantul 2030

Assalamualaikum wr wb

Kalo untuk TD (Technopreneurship Department) sendiri sejak awal taun ditargetkan ada 4 poin yang dicapai di akhir kepengurusan:
1. Menjadi sumber dana bagi BEM
2. Tidak bergantung kepada dana dari dekanat
3. Menanamkan jiwa wirausaha di Teknik
4. Enterpereneurshipnya bergerak ke arah technopreneur

Tiap taun kita bisa begitu sukses, sementara untuk sumber dana alternatif bagi BEM bisa terlaksana. Dari acara TOBAT (Try Out Bareng Teknik) kita dapet untung 10 juta lebih. Dan kemaren ketika ospek juga sempet menyediakan kantong gandum juga, ada keuntungan yang diperoleh disitu.

TD sebagai departemen yang tidak bergantung dari dana dekanat yang tiap taun ada raker yang gontok2an, tiap taun Departemen dan BSO (Badan Semi Otonom) rebutan, kita berusaha mengurangi poin disitu. Kita menguasahakan bagaimana ke arah mencari dana sendiri. Acara Scientech.com (Science and Technologi Competition) dapet dana dari Dikti 7.5 juta. Porsi dana dari dekanat kita cuma minta 750 ribu dan itu nggak sempet diambil

Evaluasi poin ketiga menanamkan jiwa wirausaha di Teknik. Semester pertama sempat mendirikan EEC (Engineering Entrepreneur Community), yaitu komunitas enterepenur di Teknik bareng sama KM/HM (Keluarga Mahasiswa/Himpunan Mahasiswa). Untuk semeseter selanjutnya, komunitas ini nggak jalan. Sempat mengadakan outbound bareng sama Fosma (Forum Silaturrahmi Mahasiswa Alumni ESQ) tapi terbentur sama SDM di TD sendiri, karena Desember kemaren terbentur sama acara Scientech dan TOBAT. Ke depannya nggak pengen TD terkesan kaya taun kemaren yaitu, ngejar proker

Sementara untuk TD sendiri feeling kewirausahan sudah mulai berkembang.

Paling susah dilaksanakan adalah menggeser entrepereneur ke technopreneur, ini kendala internal. Sejak awal taun staffnya minim. Dari angkatan 2007 sendiri cuma beberapa orang, dibantu angkatan 2006. Dengan sumber daya terbatas mencoba menggeser paradigma tersebut. Untuk taun ini adalah gimana mempersiapkan anak2 angkatan 2007 untuk taun kedepannya menjadi technopreneurship. Membimbing angkatan 2007 utnuk ikut PKM dan sebagainya. Alhamdulillah anak2 punya visi itu untuk kedepannya, dan untuk Kadept TD selanjutnya kita punya calon 4 orang ditentukan saat makrab besok.

Trouble nya mirip kaya Sosmas, ketika awal2 angkatan 2006 masih aktif tetapi begitu selesai ospek dan angkatan 2008 masuk, mereka mulai menghilang. Salahnya adalah ketika angkatan 2008 masuk, kita berpikir bagaimana membina angkatan 2008, tapi yang angkatan 2007 terlepas. Harapannya angkatan 2007 bisa mandiri dan membimbing angkatan 2008. Tapi ternyata angkatan 2007 merasakan adanya kecemburuan sosial, jadi mereka memilih untuk melepaskan diri. Angkatan 2007 sekarang tinggal sekitar 10 orangan. Sedangkan angkatan 2008 dari 64 orang yang mendaftar yang bertahan samapi sekarag ada sekitar 30 orang.

PR ke depannya bagi TD ya tinggal 2 itu, bagaimana kewirausahaan lebih berkembang di Teknik dan technopreneurship benar2 menjadi techno.

Mungkin itu, assalamualaikum wr wb

Catatan:
(Tulisan ini merupakan ucapan seorang Fauzi Muharram pada saat rapat PH terakhir BEM KMFT UGM periode Mas Ayi, pertengahan bulan Desember 2008. Tulisan ini gue ketik secara langsung secara real time ketika Fauzi selaku Ketua Departemen TD mendapatkan kesempatan bericara untuk mengevaluasi segala dinamika di dalam TD selama masa kepemimpinannya. Nggak lupa dengan sedikit editan disana-sini supaya keliatan lebih rapi dan enak dipangan mata, kaya gue gitu…
Tambahan juga, si Fauzi yang asli produk Bantul ini puya cita2 untuk jadi Bupati Bantul di taun 2030 nanti. Karena itulah tulisan ini berjudul demikian. Kalo pada nggak percaya, ya kita buktiin aja nanti di taun segitu.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s