MerekaJugaManusia

Assalamualaikum wr wb

Kepada seluruh manusia di seluruh penjuru dunia binatang…. Kepada seluruh umat manusia di manapun kalian berada… Dan kepada manusia-manusia yang kemanusiaannya itu dimanusiakan oleh kemanusiaan manusia yang memanusiakan manusia-manusia yang manusianya manusia itu bermanusiakan manusia yang manusia-manusianya manusia…

Seperti biasa, paragraf pertama selalu diawali dengan tulisan2 gak jelas. Kalo dalam bahasa Cinta Laura disebutnya, “gak meaning”. Tapi gak peduli apakah itu meaning atau gak meaning, mari kita simak dulu lagu berikut ini.

Coba kau pikirkan… Coba kau renungkan…

Apa yang kau inginkan telah aku berikan…

Coba kau pikirkan… Coba kau renungkan…

Tanya bintang-bintang hanya kau lah yang kusayang…”

Nah… Pernahkah kalian denger tentang lirik lagu barusan? Tentunya udah gak asing lagi kan? Apalagi dengan grup band yang mempopulerkan lagu tersebut, semua makhluk mengetahuinya. Dari pengamen sampe musisi Java Jazz, dari sopir angkot sampe paspampres, dari tukang sayur sampe tukang ngibul, pasti kenal sama band fenomenal yang satu ini. Band apakah itu?

Sheila on Seven? Bukan…

Kerispatih? Bukan…

Ressa Herlambang? Ih ngaco…

Backstreet Boys? Buset dah…

Mulan Jamilah? Tambah ngaco aja lu…

Jadi band apaan donk?

Yup, tebakan kalian semua adalah BENAR jika di tulisan kali ini kita bakalan ngebahas tentang sebuah band asal Sumatera yang bernama “Kangen Band”. Kenal kan? Siapa sih yang gak kenal Kangen Band, apalagi dengan vokalisnya itu yang Insya Allah mirip banget sama Tom Cruise. Jangan ada yang protes lho.

Kangen Band, sebuah band fenomenal dan extra ordinary yang seringkali dijadikan bahan olok2an oleh kaum muda kebanyakan. Dari namanya aja udah sering jadi bahan ceng2an. Ada yang menyebutnya dengan sebutan “Kenjyen Band” (dari kata “Kangen” yang dibaca dengan ejaan bahasa British) atau “Miss Band” (bahasa Inggris untuk kata “Kangen”).

Band ini juga sering diolok2 karena lagu2nya yang bener2 Kenjyen banget, yaitu berirama cengeng dan melayu2 gitu. Dan ditambah lagi dengan vokalisnya yang bernama Glenn Fredly, eh maksudnya Andhika. Bukan Andhika Dwi Putra atau Andhika Pratama, apalagi Andhika Ratnasari (emang ada?). Iya si Andhika, seorang vokalis yang bener2 berkarakter dan berkharisma, sampe2 banyak orang yang sirik dengan beliau dan mengekspresikan rasa siriknya itu dengan mengolok2 beliau.

Plus, si frontman dari band ini yang bernama Dodhy yang tak lain dan tak bukan adalah gitarisnya. Sekali lagi, si Dodhy ini juga punya karakter dan kharisma yang luar biasa yang ngebuat orang2 ikut2an sirik sama beliau.

Itulah Kangen Band. Kita gak memungkiri kalo akhir2 ini mereka sering menghiasi layar akuarium di rumah kita. Eh maksudnya layar kaca, yaitu televisi. Bukan cuma di televisi aja (kalo di Sunda disebutnya “telepisi” dengan hurup “ep”, soalnya di Sunda kan gak ada abjad “pi”), tapi juga di radio2 dan dibantu lagi oleh para pengamen jalanan yang seringkali nampang di lampu merah atau di warteg2 kaki lima. Dengan itu, lagu2 mereka semakin hari semakin populer. Dan sedikit banyak orang2 mulai mengenal dan menghapal seperti apa tampang2 personelnya yang imut2 itu.

Tapi, semakin hari semakin banyak juga orang2 yang menghina, merendahkan, meremehkan dan menjelek2kan Kangen Band. Ada yang bilang lagu2nya sampah lah, ada yang bilang personelnya jelek lah, ada yang bilang alirannya cupu lah, dan segala caci-maki lainnya yang tidak seharusnya didengar oleh kakek2 di bawah umur. Bahkan, ada sebuah band rap yang entah dari mana asalnya yang bernama “Eight Ball” yang secara terang2an menzhalimi Kangen Band dalam salah satu lagu mereka, yang liriknya berisi kata2 yang tidak seharusnya diucapkan oleh orang2 yang berintelektual tinggi.

Apa yang salah dengan Kangen Band? Salahkah mereka jika mereka punya wajah yang imut2 seperti itu? Salahkah mereka jika mereka memainkan musik2 maknyuss seperti itu? Salahkah? Sakahlah? Kahlasah? Sahkalah? Kalahsah? Ih apa sih…

Tentunya, tidak ada kata SALAH atas apa yang telah mereka lakukan selama ini. Yang ada hanyalah OPINI masyarakat2 yang gak berperikemanusiaan yang dengan sombongnya menjelek2kan Andhika dan teman2nya.

Atas dasar apa kita menilai lagu mereka cupu? Atas dasar apa kita menilai tampang mereka rusak? Atas dasar apa kita menilai Kangen Band dengan sebutan sampah?

Tidak ada yang mendasari semua itu selain satu hal yang bernama KESOMBONGAN. Iya, manusia tidak pernah lepas dari sifat sombong. Bahkan banyak orang yang bangga dengan kesombongannya itu. Padahal, tidak akan masuk surga orang yang di hatinya terdapat kesombongan walaupun sebesar dzarrah pun.

Di dalam dunia musik Indonesia, ada PeterPan. Ada Nidji. Ada Kerispatih. Ada Dewa. Ada Aura Kasih. Ada ST12. Ada Agnes Monica.Ada T2. Ada Balawan. Dan Ada Band. Masudnya ada Ada Band, gitu loh. Mereka semua adalah pihak2 yang telah berjasa mewarnai dunia musik nasional. Dan salahkah jika Kangen Band masuk ke dalam salah satu dari mereka?

Sesungguhnya dengan kehadiran Kangen Band justru semakin memperkaya khazanah dunia musik Indonesia. Kangen Band tidak menebarkan benih2 permusuhan. Kangen Band juga tidak menyuarakan suara2 perpecahan. Lalu kenapa kita mesti mencela dan menghujat mereka?

Cukuplah sudah semua cacian yang diberikan kepada Kangen Band. Buanglah semua kesombongan yang selama ini membelenggu diri kita. Seperti apapun hujatan yang diberikan kepada Kangen Band, hal itu justru semakin membuat orang penasaran dan semakin meningkatkan popularitas mereka.

Namun itu semua dibuktikan sendiri oleh Kangen Band bahwa mereka bukan sekedar band yang numpang lewat. Mereka punya genre lagu yang lain dari yang lain. Bahkan front leader mereka yang bernama Dodhy, yang juga seringkali dijadikan bahan ejekan, ternyata memiliki kemampuan untuk menciptakan lagu2 bagus. Bisa dilihat dari banyaknya penyanyi atau band2 lain yang membawakan lagu2 yang diciptakan oleh si Dodhy, dan lagu2 itu pun laris di pasaran.

Maka alasan apa lagi yang akan kita gunakan untuk tetap menghujat Kangen Band? Sesungguhnya kita adalah manusia, dan Kangen Band pun juga merupakan manusia. Pantaskah manusia merasa lebih hebat dari manusia yang lain? Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa kita atau fisik kita, tetapi Dia melihat ketakwaan kita. Dan apakah kamu suka memakan daging saudara mu sendiri?

Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s