BukuSudahBaca

Assalamualaikum Wr Wb

Haluuuuuu…. Tanpa banyak cing-cong lagi, berikut ini ada daftar buku-buku yang udah gw baca, terhitung mulai sejak bulan Agustus 2005 sampai saat tulisan ini ditulis, yaitu bulan Juli 2008. Dalam rentang waktu 36 bulan, masa cuma ada 87 buku lho yang gw baca. Duuuiiiikit banget… Hiks hiks hiks… Sebenernya sebelom bulan Agustus 2005, gw juga udah banyak baca buku, tapi gw baru terpikir untuk membuatkan daftarnya baru sejak bulan itu. Selain itu, buku-buku yang gak gw baca full (keseluruhan 1 buku) dan buku-buku E-Book gak gw sertakan di daftar ini, biar gak ribet. Novel-novel juga gak gw tulisin di sini.

Yo wes monggo iki di delok wae…

No

Judul Buku

Pengarang

Penerbit

1

Asyiknya Mencintai Cinta

Alia Yumadiawati

Media Insani

2

Alangkah Buruknya Dosa

Dr. Khalid Abu Syadi

Gema Insani Press

3

Karena Itu Aku Mencintai Tuhanku

Dr. Khalid Abu Syadi

Gema Insani Press

4

Sederhana Penuh Berkah

Al-Harits Al-Muhasibi

Serambi

5

50 Perisai Mukmin

Abdurrahman Al-Mukaffi

Darul Falah

6

Agar Harta Tidak Menjadi Fitnah

Ahmad Abdul Ghaffar

Gema Insani Press

7

Akhlak Rasulullah

H. Abdullah Faqih

PT Raudatul Ilmi

8

40 Amalan Ringan Berpahala Besar

Dr. Iyadah bin Ayyub Al-Kubaisi

Gema Insani Press

9

Nikmatnya Qiyamul Lail

Bassam Athiyabi MA

An-Nadwah

10

Amr Ma’ruf Nahi Munkar

Al-Ghazali

Karisma

11

Akidah Tanpa Bid’ah

Al-Ghazali

Pustaka Hidayah

12

Wanita dan Laki-Laki yang Dilaknat

Majdi Assayid Ibrahim

Gema Insani Press

13

Kudung Gaul

Abu Al-Ghifari

Mujahid Press

14

Senyum dan Tangis Rasulullah

Ahmad Musthafa Qasim Ath-Thatthawy

Pustaka Al-Kautsar

15

Rasulullah saw Berkisah Tentang Surga dan Neraka

Wahid bin Abdussalam Bali

Pustaka At-Tazkia

16

60 Bahaya Lisan

Uwes Al-Qarni

PT Remaja Rosdakarya

17

Indahnya Bersyukur

Dr. Khalid Abu Syadi

Gema Insani Press

18

Mensyukuri Nikmat Allah, Bagaimana Caranya?

Royyad Al-Haqil

Gema Insani Press

19

Tamu Terakhir

Dr. Khalid Abu Syadi

Gema Insani Press

20

Rasulullah yang Kurindu

Dr. Khalid Abu Syadi

Gema Insani Press

21

Jalan Mendapat Hidayah

Sa’id Musfar Al-Qaththani

Gema Insani Press

22

1001 Butir Pencerah Jiwa

Syamsul Rijal Hamid

Cahaya Silam

23

Palestina : Sejarah, Perkembangan

Dr. H. Muhammad Muhsin

Gema Insani Press

24

Perjalanan Menuju Mati Syahid

M. Lili Nur Aulia

Sinergi

25

Mengenali Trik-Trik Setan

Saiful Huda El-Sutha

Erlangga

26

Membangun Karakter Positif Melalui Asmaul Husna

Soejitno Irmin dan Abdul Rochim

Seyma Media

27

Jangan Dekati Zina

Mushthofa bin Al-Adawi

Al-Qawam

28

Cara Rasulullah Mengobarkan Semangat Jihad

Dr. Sayyid Muhammad Nuh

Media Insani

29

Urgensi Jihad Teknologi

Dr. Mulyanto, M.Eng

Pustaka Tarbiatun

30

Menyingkap Diri Manusia

Allamah Sayyid Abdullah bin Husain

Pustaka Hidayah

31

Riya

Salim Al-Hilaly

Darul Falah

32

Jalan Menuju Sehat Jasmani an Rohani

Abdullah bin Abdul Aziz Al-Aidan

Yayasan Al-Iman

33

Berbakti Kepada Ibu-Bapak

Al-Ustaz Ahmad Isa Asyar

Gema Insani Press

34

Bahaya Penyakit Hati

Al-Ghazali

Penerbit Tiga Dua Surabaya

35

Shalahuddin Al-Ayyubi

Muhammad Ash-Shayim

Gema Insani Press

36

Ya Allah Aku Fakir Kepadamu

Dr. Khalid Abu Syadi

Gema Insani Press

37

Membersihkan Hati dari Akhlak yang Tercela

Al-Ghazali

Pustaka Amani

38

Wanita dan Tipu Daya Musuh

Dr. Abdullah bin Wakil Asy-Syaikh

Pustaka Hidayah

39

Adab Buang Air dan Mandi

Dr. Said bin Ali bin Wahf Al-Qaththani

Irsyad Baitus Salam

40

Mengenal Islam

Ziauddin Sardar dan Zafar Abbas Malik

Mizan for Beginners

41

Belajar EQ dan SQ dari Sunah Nabi

Dr. M. Utsman Najati

Hikmah

42

Pengaruh Dosa dan Maksiat Terhadap Manusia

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Pustaka Arafah

43

Sifat Shalat Rasulullah

Lembaga Dakwah Taruna Al-Qur’an

Lembaga Dakwah Taruna Al-Qur’an

44

109 Kebiasaan yang Keliru

Fathul Mubin Hamid

Mutiara Pustaka

45

Liberisasi Islam di Indonesia : Fakta dan Data

Adian Husaini

Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia

46

Penawar Lelah Pengemban Dakwah

Dr. Abdullah Azzam

Uswah (Pro-U Media)

47

Visualisasi Kepribadian Muhammad

Dr. Aidh bin Abdullah Al-Qarni

Irsyad Baitus Salam

48

Mengatasi Minder

Abdullah Gymnastiar

Daarut Tauhid Press

49

Cara Nabi saw Menegur dan Meluruskan Kesalahan

Salih Al-Munsyid

Rabbani Press

50

10 Musuh Cita-Cita Menuju Indonesia Baru Berlandaskan Islam

Irfan S. Awwas

Wihdah Press Yogyakarta

51

100 Kejadian yang Mengubah Sejarah Dunia

Bill Yenne

Delaprasta Publishing

52

Wasiat Rasulullah saw

Fitriani GS.

Pustaka Indonesia Jakarta

53

Kisah-Kisah Dalam Ihya Ulumuddin

Muhammad Alaydrus

Taman Ilmu

54

Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an

Dr. Hamid Ahmad Ath-Thahir

Irsyad Baitus Salam

55

Menaklukkan Setan

Deni Sholehudin

Media Qalbu

56

Melalui Hati Menjumpai Illahi

Al-Ghazali

Hikmah

57

Dosa-Dosa yang Dianggap Biasa

Syeikh Muhammad Shalih Al-Munajjid

Darul Haq

58

22 Kiat Islami Mengatasi Stress

Syeikh Muhammad Shalih Al-Munajjid

Pustaka Nawaitu

59

Rahasia Dibalik Senyuman

Drs. H. Makmun Thoha, LC

Al-Mawardi Prima

60

Larangan Berpakaian Isbal

Walid bin Muhammad Nabih

Pustaka At-Tibyan

61

Total Motivation

Satria Hadi Lubis

Pro-U Media

62

Perusahaan Rokok Untung Besar

Eko Prasetyo & Terra Bajraghosa

Resist Book

63

Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah

At-Tirmidzi

C.V Diponegoro

64

Sukses Menjalani Wawancara Kerja

Dina Astuti

Kawan Pustaka

65

Putriku, Kembalilah ke Jalan Tuhanmu

Syeikh Ath-Thantawi

Yayasan Al-Sofwan

66

Saudariku, Apa yan Menghalangimu untuk Berhijab?

Syeikh Abdul Hamid Al-Bilaly

Yayasan Al-Sofwan

67

Jati Diri Rasulullah

Maulana Habibi

Lintas Media Jombang

68

Ringkasan Riyadush Shalihin

Imam Nawawi

Irsyad Baitus Salam

69

Fiqih Darurat

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid

Inas Media

70

Metode Merusak Akhlak dari Barat

Prof. Abdurrahman H. Habanakah

Gema Insani Press

71

Pemuda dan Canda

Adil bin Muhammad Al-Abdul Ali

Gema Insani Press

72

Penyimpangan Terhadap Al-Qur’an

Abu Anas Ali bin Husain Abu Luz

Darul Haq

73

Tanda-Tanda Orang Akan Mati

Imam Qurthubi

Penerbit Jabal

74

Ajaran Islam tentang Fenomena Seksual

Utsman Ath-Thawil

Srigunting, PT Raja Grafindo Pustaka

75

20 Perilaku Riya

Syeikh Salman

Hikmah Populer

76

Panduan Seks Islami

Dr. Hussan Hathout

Zahra Publishing House

77

Jenggot Yes, Isbal No

Abdullah bin Abdul Hamid, dkk

Media Hidayah

78

Nu, Persis atau Muhammadiyah yang Ahli Bid’ah?

Haris Firdaus

Mujahid Press

79

7 Sifat Negatif Manusia

Haris Firdaus

Mujahid Press

80

3 Kisah Cinta Legenda

Hakim Nizami dan Abdurrahman Jami

Penerbit Al-Furqan

81

Rahasia Kekayaan Yahudi

Faisal M. Sakri

Bale Siasat

82

Andai Kau Tahu Betapa Aku Mencintaimu

Muna Shalah

Irsyad Baitus Salam

83

Kepada Anakku Dekati Tuhanmu

Al-Ghazali

Gema Insani Press

84

40 Kesalahan Dalam Berbicara

Wahid bin Abdussalam Bali

Pustaka Azzam

85

The Best of Chinese Strategies

Leman

Gramedia Pustaka Utama

86

Aa’ Gym Apa Adanya

Abdullah Gymnastiar

MQ Publishing

87

Permainan Berpikir (Thinkertoys)

Michael Michalko

Penerbit Kaifa

Sebuah ungkapan yang entah dariman asalnya berujar, “Jika kamu ingin melihat seperti apa seseorang dalam 5 tahun yang akan datang, maka lihatlah buku-buku apa saja yang ia baca saat ini”. Mungkin redaksinya beda, tapi intinya buku-buku yang kita baca saat ini akan menentukan pola pikir kita di masa-masa mendatang. Kalo kita banyak baca buku-buku berkualitas, Insya Alah di masa mendatang pun kita akan menjadi orang yang berkualitas.

Sebaliknya, kalo kita keseringan baca novel-novel SAMPAH seperti cheeklit dan teenlit yang kebanyakan isinya berkisar tentang romantisme yang semu, omong kosong dan tai kucing, maka mungkin di masa mendatang kita pun akan menjadi individu-individu yang sama SAMPAHnya dengan apa yang kita baca. Dan kalo kita hobi ngebaca majalah-majalah stensilan atau buku-buku perusak moral dan akhlak yang isinya banyak mengandung SMS (Seputar Mazhab Selangkangan) yang tergabung dalam GSM (Gerakan Syahwat Merdeka), maka silahkan tebak sendiri akan jadi apa kita nantinya. Semoga Allah melindungi kita dari hal-hal sedemikian

Sekarang kita liat buku2 yang udah gw baca sejak bulan Agustus 2005. Sebagian besar buku berkisar tentang agama. Apakah ini berarti di masa mendatang gw akan menjadi seorang ahli agama? Biarlah waktu yang akan menjawabnya…

Tapi coba kita liat kepribadian gw di hari ini. Kok gak ada cerminan bahwa gw adalah orang yang suka baca buku-buku agama ya? Padahal kan buku yang gw baca kebanyakan buku tentang keagamaan? Dan bukankah buku-buku yang dibaca mencerminkan poa pikir seseorang? Hohohohoho… Gak salah kok kalo lu2 semua pada mikir kaya gitu. Namun sebelomnya coba kita lat kembali paragraf paling awal dari tulisan ini. Disitu disebutin kalo gak semua buku yang udah gw baca ditulis di daftar ini. Ada buku yang gak kebaca semuanya, buku E-Book, dan novel.

Coba pikir lagi, ada 1 jenis buku yang belom tercantum di situ. Buku apa itu? Yup, lu bener kalo lu ngejawab : BUKU KOMIK! Hohohohoho… Gak bisa dipungkiri kalo komik emang bacaan semua orang dan komik pun sedikit banyak juga mampu mempengaruhi pola pikir seseorang. Gw juga hobi banget baca komik, bisa dibuktikan dari tulisan “10 Komik Terfavorit” yang dulu pernah gw tulis.

Dan kenapa kepribaian gw saat ini bisa kaya gini, tidak lain adalah karena gw juga merupakan bagian dari generasi komik, dimana komik favorit gw yang pertama adalah ONE PIECE dan yang kedua adalah KUNG FU KOMANG. Hohohohohohoho…..

Balik lagi ke masalah awal. Sebelom menutup tulisan ini, gw menantang lu2 semua yang kebetulan saat ini lagi baca tulisan gw buat rajin2lah membaca buku-buku berkualitas. Jangan hanya baca buku-buku dan novel-novel SAMPAH yang proses percetakannya hanyalah sebuah ke-mubazir-an dan cuma mempercepat habisnya pohon2 di dunia ini, yang merupakan bahan baku kertas.

Bacalah buku-buku bermutu. Buku adalah sumber ilmu. Buku adalah guru yang paling sabar. Sejarah bisa terekam sampai saat ini karena mereka terekam dalam tulisan di dalam buku. Nama-nama seperti Al-Ghazali bisa tetap abadi sampai saat ini karena ia menuangkan pikirannya di dalam buku.

“JADILAH GENERASI PECINTA BUKU-BUKU BERMUTU!”

“CIPTAKAN BUKU-BUKU BERMUTU DAN ABADIKAN DIRIMU DAN PIKIRANMU DI DALAM BUKU!”

Mungkin segini dulu aja ya. Kalo masih ada umur, Insya Allah bakal gw tulis lagi perkembangan dari buku2 yang udah gw baca. Thank q.

Wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s