IPkeempatku

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.

Ya ayyuhan naas…

Pernah ada… Rasa cinta…

Antara kita … Kini tinggal kenangan…

Itu tadi secuplik lagu yang tentunya udah kita kenal semua, yang juga menandakan tentang ilmu yang gw miliki saat ini. Apa maksudnya? Ya coba aja lu liat nih IP gw di semester 4 ini. Yuk muhun…

Semester 3

Mata Kuliah

SKS

Nilai

Nilai

Bobot

Sinyal & Sistem

2

B

3

6

Perpindahan Panas & Massa

3

B

3

9

Matematika Teknik 2

2

C+

2.5

5

Fisika Reaktor Nuklir

3

B+

3.5

10.5

Elektronika Nuklir

2

A

4

8

Praktikum Deteksi & Pengukuran Radiasi

1

A

4

4

Sistem Digital

3

A

4

12

Radiokimia

2

B

3

6

Dinamika Sistem

3

E

0

0

Jumlah bobot = 60.5

IP = Jumlah bobot / Jumlah SKS = 60.5 /21 = 2.88

Terus setelah lu ngeliat IP gw di semester 4 ini, coba liat juga IP gue di semester yang dulu2. Bisa diliat di blog ini kok, di tulisan yang judulnya “IPpertamaku”, “IPkeduaku”, “IPketigaku”. Udah diliat belom? Kalo udah, silahkan dibandingkan. Keliatan deh kalo di taun pertama IP gw bisa diatas 3, dan setelah taun kedua dimana gw mulai kenal dengan yang namanya organisasi, IP gw gak pernah lagi nyentuh angka 3.

Nah sekarang udah ngerti kan? Apa korelasinya dengan lagu diawal tulisan ini? Ya liat aja liriknya, “Pernah ada… Rasa cinta… Antara kita… Kini tinggal kenangan…”. Maksudnya apa? Dulu gw mencintai banget ilmu yang gw punya. Di taun pertama ketika gw belom ikut organisasi, gw gak punya apa2 selain ilmu. Gak punya temen, gak punya tempat nongkrong, gak punya kegiatan, gak punya jaringan, gak punya skill, dan gak punya apa-apa selain Allah swt. Jadi dengan kepecundangan gw yang kaya gitu, hanya ilmu yang gw punya dan hanya itu satu2nya yang bisa gw banggain. Outputnya adalah IP gw yang mencapai 3.5 di semester pertama dan 3.13 di semester kedua.

Tapi sekali lagi dikatakan, bahwa itu semua hanya masa lalu. “Antara kita… Kini tinggal kenangan…”. Sekarang, di taun kedua gw kuliah, gw mulai mengenal apa itu organisasi, apa itu BEM, apa itu aksi & demonstrasi, apa itu leadership, apa itu softskill, apa itu jaringan, dan lain-lain. Perlahan-lahan, kecintaan gw akan ilmu ke-nuklir-an mulai hilang. Gw lebih sering eksis di seminar-seminar dan kepanitiaan daripada di ruang kelas. Gw lebih sering ngerjain tugas organisasi daripada belajar buat kuliah. Gw mengabaikan ilmu yang seharusnya jad tujuan utama gw. Outputnya pun jelas, ketika semester 3 IP gw cuma 2.71 dan hanya 2.88 di semester 4 ini.

Adakah yang salah dengan ini semua? Ya jelas, jawabannya adalah : ADA. Coba lu liat nilai2 gw diatas, KOK BISA ADA YANG DAPET “E”? TANYA KENAPA? … … … … … … … … Tawakkal aja yah…

Disini gw gak akan ngebahas alasan kenapa gw bisa dapet “E” untuk mata kuliah Dinamika Sistem, yang berarti gw harus ngulang. Satu hal yang pasti, dengan nilai “E” tersebut maka sampai semester 4 ini gw telah berhasil memperolah semua varian nilai yang memungkinkan, mulai dari A, B+, B, C+, C, D dan E udah gw peroleh semua. Hohohohohoho…

Gak gitu juga sih, jangan ditiru ya anak2… Yang pasti, puji syukur Alhamdulillah gw ucapkan setinggi2nya kepada Allah Yang Maha Mengetahui karena telah menegur gw secara langsung dengan nilai “E” ini. Gw telah diingatkan bahwa kewajiban gw yang utama dan paling utama adalah BELAJAR dan MENUNTUT ILMU. Bukankah Allah telah menjanjikan bahwa orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya?

Dan gw juga bersyukur karena dengan nilai “E” ini, berarti gw harus ngulang lagi taun depan, bareng anak2 yang angkatannya di bawah gw. Ini merupakan suatu keuntungan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari kenalan dan menambah jaringan. Jadi kepada adek2 ku di Teknik Nuklir, Insya Allah taun depan siap2 sekelas sama kakak mu yang imut ini ya…

Dan terakhir, seandainya aja gw dapet D dan tetep lulus, maka yang dapat gw katakan terhadap diri gw sendiri adalah bahwa gw telah MAKAN SKS BUTA (plesetan dari makan gaji buta). Gw merasa kalo gw emang pantes dapet “E”. Seandainya gw dapet “D”, maka mata kuliah Dinamika Sistem yang emang gak gw kuasai akan berlalu begitu saja dan gw kehilangan kesempatan untuk mempelajarinya lagi.

Ya pokoknya itulah intinya. Gw berterima kasih kalo setelah ngebaca blog ini lu jadi tertantang untuk kuliah lebih serius lagi & berniat untuk jadi mahasiswa cum laude, dan gw gak berterima kasih sama mahasiswa2 di luar sana yang baru jadi mahasiswa aja tapi gayanya udah segambreng. Oce deh, tararengkyu banget ya karena lu telah menyisihkan sebagian umur dalam hidup lu hanya untuk membaca blog gw ini.

Oiya… Sekali lagi, kita masih punya pantun dari Olga.

“NGAMBIL CUCIAN DI RUMAH SUCI…

CUKUP SEKIAN DAN TERIMA KACI…”

Yuk yah, Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.

4 Comments Add yours

  1. IP ku juga turun mas, semester ini T.T

  2. krismanyah says:

    Prestasi akademik lo menurun kayak gini bukan karena lo bergaul sama gua kan Ren?

    Eniwei, tolong di-link ya alamat blog gua yang baru.

  3. hayu says:

    waduh..
    qo malah kbalikan ma hayu ya bos??
    ai…ai…semangat!!
    ALLAH akan menolong orang yang menolong agamaNYA..
    uda tak upload ke blog ku lho..

  4. ckinknoazoro says:

    Asw

    Kepada semua mahkluk yang merasa IPK nya turun, tabahkanlah hatimu Nak….

    Ya jelas lah Tur, kalo gw jadi blo’on itu bukan gara2 lo. Tapi kalo otak gw tercemar jadi mesum kaya si motto ikke itte, lu yang mesti tanggung jawab. Hohohohoho…

    Apanya yang kebalikan Hayu> Thanks yua udah di upload

    wasw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s