GlobalWarming

Hei ini ada salinan tugas Falsafah Iptek gw untuk mengomentari tentang film An Inconvenient Truth karya Al-Gore yang ertema tentang global warming. Monggo dibaca ya.

Komentar :

Film Inconvenient Truth karya Al Gore yang saya lihat disini merupakan sebuah film dokumenter yang cukup menarik. Terlepas dari pendapat banyak kalangan yang masih meragukan keabsahan informasi di dalamnya, film ini mampu menambah wawasan saya tentang masalah Global Warming secara lebih mendalam. Memang harus diakui bahwa Global Warming adalah suatu hal yang menakutkan yang saat ini telah terlihat dengan jelas di muka bumi ini. Banyak kalangan yang meragukan apakah Global Warming itu benar-benar ada ataulah hanya isu belaka. Dan hal inilah yang melatarbelakangi Al Gore untuk membuat film ini, yaitu untuk menyadarkan kepada masyarakat umum bahwa Global Warming bukanlah sekedar isu belaka, melainkan sebuah realitas yang tidak dapat dihindari, yang harus kita hadapi dan akan terus berlanjut sampai ke anak cucu kita nantinya.

Al Gore yang peduli dan memilliki perhatian dengan masalah ini yang ditandai dengan risetnya selama bertahun-tahun, berusaha untuk berbuat sesuatu untuk menghadapi masalah Global Warning ini. Awalnya dia merasa bahwa masih sangat banyak masyarakat dunia pada umumnya yang masih apatis terhadap masalah ini. Ia berpikir bagaimana caranya untuk menyadarkan kepada seluruh penduduk dunia tentang masalah Global Warming. Salah satu tindakannya adalah dengan mengadakan riset-riset terkait dengan dampak dari Global Warming, dimana informasi-informasi yang dia dapatkan dari riset tersebut pada akhirnya dia publikasikan kepada masyarakat, supaya masyarakat tersadar bahwa inilah dampak dan akibat dari Global Warming yang selama ini tidak mereka pedulikan. Jika sampai saat ini kita masih tetap tidak peduli, maka efek dari Global Warming akan semakin bertambah parah dan anak cucu kita nanti yang akan merasakan akibatnya. Dan salah satu penyebab utama dari Global Warming itu sendiri adalah karena terlalu bernapsunya manusia untuk memenuhi kebutuhannya, dimana mereka berbuat apa saja sesuka mereka demi meuaskan kebutuhan mereka, tanpa memperhatikan tentang kelestarian lingkungan bumi ini.

Mengenai solusi, Al Gore mengusulkan bahwa diperlukan kekuatan politk atau political will untuk mengatasi masalah Global Warming ini. Menurut saya, political will memang penting, meskipun itu bukanlah satu-satunya cara. Global Warming adalah masalah yang sangat kompleks dan faktor penyebabnya sudah menjadi budaya di dalam kehidupan kita. Untuk itu diperlukan niat dan usaha yang sungguh-sungguh dari kita dan seluruh pihak, bukan hanya seluruh pihak tapi juga seluruh penghuni dunia, untuk berusaha lebih peduli terhadap masalah ini dan berusaha sekuat tenaga untuk meminimalisir hal-hal yang dapat membuat meningkatnya Global Warming. Dengan ucapan Bismillah, Insya Allah hal ini dapat kita atasi bersama, demi kelangsungan hidup anak cucu kita nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s