10KomikPalingTop

Halo halo halo… Kita jumpa lagi dalam anugrah C-Kink Award, yaitu penghargaan yang gw berikan terhadap hal2 yang ingin gw berikan penghargaan. Di artikel blog gw sebelumnya kan gw dah memberikan penghargaan tentang “10 BAND PALING NGETOP SEDUNIA” versi C-Kink, maka kali ini gw bakalan ngasih penghargaan tentang komik2 paling ngetop yang pernah gw baca. Kenapa pake embel2 “yang pernah gw baca”, ya soalnya kan jumlah komik di dunia ini ada bejibun banget. Mulai dari jaman Soekarno main gundu sampe jaman Sri Sultan Hamengkubuwono mengundurkan diri dari kursi Gubernur DIY, maupun dari komik Barat yang gambarnya kotak2 sampe komik Asia yang tokohnya ganteng2 dan komik Indonesia yang kurang berkibar, jumlah komik yang telah terbit mungkin telah mencapai jutaan judul. Jadi penghargaan ini gw berikan cuma buat komik2 yang pernah gw baca doank, gitu lho… Ya udahlah, tanpa banyak omong lagi, langsung saja kita saksikan daftar “10 Komik Paling Top Yang Pernah Gw Baca” versi C-Kink Magazine berikut ini.

10 KOMIK PALING TOP YANG PERNAH GW BACA versi C-Kink Magazine

10  : Ninja Rantaro

Daftar ini kita buka dengan kehadiran komik Ninja Rantaro karya Soubeii Amakoo (mohon maap kalo ejaannya salah). Berkisah tentang petualangan 3 orang ninja cilik dengan tokoh utamanya bernama Rantaro, ditemani oleh Kirimaru yang matre dan Shinbe yang ceroboh. Mereka bertiga adalah 3 orang calon ninja yang sedang mengenyam ilmu di perguruan ninja. Melalui komik ini, kita bisa belajar tentang ilmu2 dasar seputar dunia ninja. Jadi buat yang bercita2 jadi ninja, gak nyesel deh kalo baca komik ini. Selain itu, keunggulan lain komik ini adalah bukunya yang tebel (+- 200 halaman) dengan dialog2 yang penuh kejayusan.

Tokoh favorit di komik ini : Rikichi Yamada.

9 : Cha-Cha si Penyihir (atau “Si Penyihir Cha-Cha” ya?)

Komik ini bercerita tentang petualangan seekor, eh, sebuah, eh, sepuntung, eh, segepok, eh, sesendok, eh, sebatang, eh, sekarung, eh, apa sih nih kok gw jadi aneh begini? Maksud gw, komik ini bercerita tentang petualangan seorang (nah ini baru bener) penyihir cilik yang bernama Cha-Cha (bukan Chacha Frederica atau Chacha Maricha apalagi Chacha Fleureta Hudoyono) yang sedang berusaha untuk menjadi seekor, eh, sebuah, eh, sepuntung, eh, segepok, eh, sesendok, eh, sebatang, eh, sekarung, eh, maksud gw seorang penyihir yang berilmu tinggi, bahkan kalau bisa mendapat gelar S3 di bidang ilmu sihir (ngaco aja lu, mana ada?). Keunggulan komik ini adalah ceritanya yang lucu + jayus + menyegarkan, enak buat dibaca kalo kita lagi boker, biar cepet keluarnya (hueeeek… Jijik ah). Oiya lupa, komik ini dikarang oleh seseorang yang bernama Min Ayahana.

Tokoh favorit di komik ini : Cha-Cha.

8 : Donald Duck Series

Nah kalo yang ini pasti dah pada kenal, jadi ga usah gw ceritain lagi ya tentang komik yang tokoh2nya merupakan hasil karya Walt Disney ini. Oiya tapi yang gw maksud Donald Duck Series disini adalah komik2 yang bercerita tentang Donald, Kwak-Kwik-Kwek, Paman Gober dll. Tapi Micky Mouse gak termasuk didalemnya, soalnya kebanyakan komik2 Micky Mouse ceritanya terlalu serius dan kebanyakan tentang dunia detektif. Tapi gak ngaruh sih, kalo ada komik Micky Mouse juga pasti tetep gw baca. Hehehehe…

Tokoh favorit di komik ini : Donald Duck.

7 : Doraemon Series

Ini juga nih, pasti dah pada kenal kan? Jadi gak perlu gw jelasin lagi ya komik karangan Fujiko Fujio ini. Yang dimaksud Doraemon Series disini adalah komik2 yang ada Doraemon sebagai tokohnya. Dah tau kan apa aja? Hwayo coba sebutin apa aja, ntar keluar lho di ujian akhir.

Tokoh favorit di komik ini : Doraemon.

6 : Kariage-Kun

Pada kenal Kariage gak? Gak kenal ya? Kalo Kobo-Chan kenal kan? Nah Kariage tuh komik yang mirip2 sama Kobo-Chan, cuma tokohnya aja yang beda. Tapi pengarangnya sama2 Masashi Ueda kok. Komik ini bukanlah komik yang ceritanya bersambung kaya Dragon Ball, bukan komik yang punya banyak sub-cerita kaya Doraemon, juga bukan komik yang tiap buku cuma 1 cerita terus langsung tamat kaya Ninja Rantaro. Jadi apa donk? Ini komik apa bukan sih? Weits jangan pada emosi dulu donk… Kariage-Kun tuh komik model kolom yang tiap cerita cuma ada 4 kolom doank, kaya Kobo-Chan lho. Jadi tiap halaman bisa buat 2 cerita yang masing2 cerita cuma 4 kolom. Gitu lho… Masih pada bingung gak? Sama, gw juga masih bingung… Yang jelas, gw suka komik ini soalnya ceritanya simpel2 tapi jayus2. Seandainya aja ada orang kaya Kariage di dunia ini. Mau?

Tokoh favorit di komik ini : Kariage.

5 : Detective Conan Series

Di posisi 5 kita ketemu dengan komik detektif paling top abad ini (kata siapa?), yaitu Detective Conan karangan Aoyama Gosho. Dah pada tau kan komik ini bercerita tentang apa? Jadi gak usah gw ceritain lagi ya. Yang jelas gw salut sama Aoyama Gosho yang brilian dan jenius untuk ngebuat komik dengan tema detektif kaya gini. Tapi sayangnya, di dalam beberapa kasus, banyak hal2 yang cuma diketauin sama Conan doank, dan baru dikasitau ke pembaca setelah pelakunya dah terbukti bersalah. Jadi kita2 yang ngebaca gak bisa ikutan berpikir secara sepenuhnya untuk ngebantuin Conan mencari tau siapa pelakunya. Yah ga ngaruh juga sich, biarpun kita tau siapa pelakunya tapi kan tetep aja kita ga bisa ngasitau Conan. Secara gitu, dia kan ada di dalem komik. Aneh2 aja lu…

Tokoh favorit di komik ini : Kaito Kid (Kid si Pencuri).

4 : Miiko Series

Nah kalo yang ini belum pada tau kan? Bagus deh kalo ada yang udah tau. Komik karangan Eriko Ono ini bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Miiko dengan kehidupannya sehari2. Komik ini modelnya setipe sama Doraemon, yaitu tiap buku terdiri dari beberapa sub-cerita. Kelebihan komik ini adalah biarpun komik ini ceritanya simpel2 dan sederhana (kaya nama rumah makan Padang aja, Sederhana), tapi ada beberapa cerita yang bisa ngebawa emosi pembacanya. Kalo bikin orang ketawa sih gampang, tapi komik Miiko ini bisa bikin gw terharu kadang2 (so sweet… C-Kink bisa terharu juga ya?). Sengaja gw tulis Miiko Series soalnya ada beberapa komik dengan Miiko sebagai tokoh utamanya, contohnya Hai Miiko, Namaku Miiko, Miiko Zaman Edo, dll.

Tokoh favorit di komik ini : Yamada Mamoru.

3 : Candy-Candy

Tidurlah… Selamat malam… Lupakan sajalah aku…

Mimpilah… Dalam tidurmu… Bersama bintang…

Yak itu tadi sepenggal refrain lagu “Bersama Bintang” yang dibawakan oleh Drive. Terus apa hubungannya sama komik Candy2? Begini lho Jeng, lagu tersebut merupakan soundtrack sinetron Candy2 versi Indonesia yang diperankan dengan unik (kalo gak mau dibilang aneh) oleh Rachel Amanda. Terus, sinetron itu tuh ceritanya diambil dari komik Candy-Candy karangan Yumiko Igarasi & Kyoko Mizuki. Nah gitu lho Jeng… Tapi kenapa nih kok komik Candy2 bisa nangkring di peringkat 3? Hmmm buat lu2 semua yang belum baca komik ini, gw sarankan untuk baca dulu deh. Candy2 adalah sebuah komik yang “Full of Emotion” (?????), yaitu komik yang bener2 bisa membuat perasaan pembacanya ikut bermain (tapi gak tau deh buat pembaca yang gak punya perasaan). Biarpun komik ini cuma tamat di 9 buku, tapi jalan ceritanya top & maknyuss banget. Emosi gw ikut kebawa meskipun gw dah baca komik ini berkali2. Pokoknya lu mesti baca sendiri deh, gw gak tau harus nulis apa lagi.

Tokoh favorit di komik ini : Aristea Audrey.

2 : Komang Series

Hahahahahahaha… Hehehehehehe… Hohohohohoho… Heuheuheuheuheu… Inilah dia komik paling jayus yang pernah gw baca. Tapi jayusnya bener2 top, bisa bikin ketawa bahak terngakak2, eh maksudnya ngakak terbahak2. Dan ke-jayus-an-nya-lah yang membuat komik ini bisa nangkring di posisi runner-up 10 komik paling top ini. Kalo tadi Candy2 adalah komik yang “Full of Emotion”, maka komik Komang Series ini adalah komik yang “Full of Laugh”, dimana di semua bukunya dan semua ceritanya pasti kita bakalan ngakak ngebacanya. Komang Series disini terbagi 2, yaitu komik Kung Fu Komang karangan In Seo Park & Sang Choi sama komik Hello Komang karangan Sang Choi & seseorang yang gw lupa namanya. Tapi kedua komik tersebut sama2 jayusnya kok, meskipun komik Kung Fu Komang masih lebih jayus. Pokoknya kalo lu2 semua mau senam otot muka & rahang, gak nyesel deh kalo baca komik ini. Dijamin langsung jatuh cinta pada bacaan pertama dan membuat kita pengen baca lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi… Ketawa lagi ah… Hahahahahahaha… Hehehehehehe… Hohohohohoho… Heuheuheuheuheu…

Tokoh favorit di komik ini : Kulpang.

1 : One Piece

Teng teng teng teng teng… Inilah dia komik yang menjadi jawara di ajang ini, ONE PIECE… Hore… Plok plok plok… Pitpiuw… Suit suit… Piuwit… Komik karangan Eichiro Oda ini emang bener2 ruaarr biasa. Khas komik2 Jepang lainnya yang menceritakan tentang cita2 dan impian, One Piece bercerita tentang perjalanan seorang bajak laut bernama Monkey D Luffy untuk menjadi raja bajak laut dan mendapatkan harta karun One Piece. Yang membuat gw menetapkan komik ini sebagai jawara adalah karena jalan ceritanya yang luar biasa mantabh. Setting dunianya bener2 dibangun dengan sangat detail oleh Eichiro Oda. Selain itu, hal2 yang terjadi di komik ini juga bisa gw bilang masuk akal, jadi ga terlalu ngayal2 banget. Dan nilai plus plus (kaya pijet aja, plus plus) dari komik ini adalah bahwa adegan2nya mampu menyentuh perasaan banget. Selain itu komik ini juga bener2 menceritakan tentang pentingnya persahabatan dan cita2 serta impian. Oiya lupa, gw juga suka banget sama komik ini soalnya di dalemnya ada tokoh yang bernama Roronoa Zoro, yang karakteristiknya bener2 gw banget. Jadi kalo lu mau liat C-Kink versi anime ya liat aja si Roronoa Zoro. Makanya kan nama gw jadi C-Kink noa Zoro. Maksa ya? Bodo amat… Tapi intinya One Piece mantabh butul dah… Ini dia komik paling ngetop yang pernah gw baca sampe saat ini.

Tokoh favorit di komik ini : Roronoa Zoro.

Nah akhirnya selesai juga. Itulah tadi daftar 10 komik paling top yang pernah gw baca versi C-Kink Magazine. Gak menutup kemungkinan daftar ini bisa berubah, soalnya komik2 baru bakalan selalu terbit tiap tahunnya. Dan intinya, gw suka baca semua komik kok, gak cuma 10 judul yang ada di daftar ini doang. Sebenernya gw rada2 bingung juga sih buat nentuin 10 komik paling top ini, tapi biar lu semua seneng ya uda deh gw tulis aja tuh daftar. Yuk yah, sampai sini aja perjumpaan kita. Terima kasih atas segala perhatiannya dan tidak terima kasih atas segala ketidakperhatiannya. Kita ketemu lagi dalam acara penghargaan2 dari C-Kink lainnya. Dadaah… See u bubye…

6 Comments Add yours

  1. farel says:

    thanx banget ya info nya. u tuh orangnya psti lucu, he he he.

  2. ckinknoazoro says:

    hah? lucu? jangan salah bos, aku gak tau apakah aku ini lucu atau enggak, tapi yang pasti, aku ini IMUT lho, Insya Allah. hohohohoo… thanks yua udah mau ninggalin comment

  3. tazza says:

    gw s7 mah rank-ny,, tapi menurut gw bkl lbh bgs lg kl ad naruto…
    dan gw termasuk org yg trpukul jiwa-ny saat tau….
    komik Cha-cha bisa tamat.
    Gw ampir gila… (Lebayyy)
    Tapi skedar ksh masukkan, bc deh gokusen! SumpE
    KereN! Buat penggemar yakuza Cew.

  4. ckinknoazoro says:

    wuah gue belom baca naruto tuh… kalo punya dari nomor 1, gue mau donk…

  5. zainuri says:

    wah “Legenda Naga” nggak masuk 🙂

  6. ckinknoazoro says:

    nggak hobi, doyannya “Kyo”. uhehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s